Reporter: Yoliawan H | Editor: Sofyan Hidayat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren transaksi perbankan sudah mengarah kepada transaksi digital atau branchless transaction. Tengok saja, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang transaksi nya sudah didominasi oleh transaksi digital. Saat ini hampir 97% transaksi nasabah mereka dilakukan di luar kantor cabang.
Jan Hendra, Corporate Secretary BCA menjelaskan, tren perilaku nasabah akan terus ke arah digital. Hal itu diperkuat dengan begitu banyaknya aplikasi digital yang ada. Tren ini tidak hanya dari sektor perbankan, namun hampir semua sektor trennya ke arah digital.
“Kami berharap biaya per transaksi akan menjadi terus menurun. Hanya memang kami tetap perlu berinvestasi dan mengikuti perkembangan teknologi yang begitu dinamis dan cepat,” ujar Jan Hendra kepada Kontan.co.id, Rabu (28/3).
Sekadar informasi, berdasarkan laporan keuangan bank, hingga Desember 2017 jumlah transaksi digital BCA sebanyak 5,27 miliar. Sedangkan untuk transaksi di kantor cabang hanya sekitar 159 juta transaksi.
Transaksi digital tersebut naik 18,06% yoy bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar 4,32 miliar transaksi. Kendati demikian, nilai transaksi masih terbesar ada di kantor cabang sebesar 57% dari total nilai transaksi sebesar Rp 14.130,8 triliun. Untuk nilai transaksi secara digital sebesar Rp 10.842,5 triliun.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News