kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,36   -4,66   -0.52%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transaksi Kartu Kredit Perbankan Ditargetkan Naik Terkerek Momen Ramadan


Rabu, 13 Maret 2024 / 03:40 WIB
Transaksi Kartu Kredit Perbankan Ditargetkan Naik Terkerek Momen Ramadan
ILUSTRASI. Konsumen melakukan transaksi pembayaran denga kartu kredit pada toko ritel di Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu (13/12/2023). KONTAN/Carolus Agus Waluyo


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bulan ramadan telah tiba dan konsumsi masyarakat diperkirakan mengalami peningkatan. Alhasil, perbankan pun memanfaatkan momen tersebut untuk meningkatkan bisnis konsumernya, terutama bisnis kartu kredit.

Jika menilik data Bank Indonesia (BI), bisnis kartu kredit memang masih menjanjikan. Di mana, nilai transaksi kartu kredit sepanjang 2023 tercatat senilai Rp 405,33 triliun atau mengalami kenaikan sekitar 25,25% secara tahunan (year on year/YoY). Sementara, volume transaksi juga naik 14,83% YoY menjadi 393,62 juta transaksi.

Sementara itu, di bulan Ramadan pada 2023 memang tampak ada kenaikan yang signifikan terutama dari sisi volume transaksi. Ambil contoh, pada Maret 2023 yang merupakan minggu-minggu pertama Ramadan tercatat volume transaksinya mencapai 32,18 juta transaksi, naik dari bulan sebelumnya yang hanya 29,18 juta transaksi.

Direktur Konsumer CIMB Niaga Noviady Wahyudi pun mengamini bahwa periode Ramadan dan Idul Fitri selalu menjadi momen yang sangat baik bagi bisnis kartu kredit untuk bertumbuh dalam hal peningkatan transaksi dan volume.

Baca Juga: BSI Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

Kondisi tersebut pun diperkirakan juga tetap terjadi di tahun ini. Selama periode Ramadan, pria yang akrab disapa Dede ini menargetkan bisnis kartu kredit CIMB Niaga bisa mencatatkan pertumbuhan volume transaksi minimal sebesar 10%.

“Sampai dengan Februari 2024, total transaksi kartu kredit CIMB Niaga sudah mencapai lebih dari Rp 5 triliun,” ujarnya.

Untuk mencapai target tersebut, Dede menyebutkan CIMB Niaga akan memberikan beberapa penawaran menarik kepada nasabah selama periode ramadan ini. Salah satunya, promo buka puasa bersama di restoran pilihan dengan diskon sampai dengan 40%.

Namun, meski menargetkan bisnis ini bisa terakselerasi dengan cepat, Dede menegaskan bahwa pihaknya tetap menerapkan prinsip kehati-hatian sesuai dengan risk appetite bank dalam penyaluran kredit sehingga kualitas kredit dapat terus terjaga dengan baik.

Tak mau kalah, GM Divisi Bisnis Kartu BNI Grace Situmeang mengungkapkan bahwa pada periode Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, pihaknya berharap ada peningkatan nilai transaksi kartu kredit minimal 15% dibanding dengan rata-rata nilai transaksi setiap bulannya.

“Transaksi kartu kredit pada Ramadan tahun ini diprediksikan akan lebih meningkat, dibanding tahun lalu,” ujar Grace.

Baca Juga: BRI Optimistis Bisnis Remitansi Tumbuh Hingga 25% Selama Ramadan dan Lebaran 2024

Dalam memanfaatkan momen yang mampu mendongkrak bisnis kartu kredit ini, Grace bilang BNI telah menyiapkan beberapa penawaran diskon bagi nasabah pemegang kartu dengan harapan menjadi pilihan saat melakukan transaksi.

Misalnya, program diskon hingga Rp 750.000 untuk pembelian tiket mudik, dan diskon hingga 25% untuk pemesanan Hampers. Tak hanya itu, ada juga diskon hemat hingga 78% di merchant-merchant favorit selama bulan Ramadan sampai dengan Lebaran 2024.

“Kualitas kredit dari bisnis kartu selama ini juga masih terjaga, dengan NPL di bawah 2%,” tambah Grace.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×