kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Trending Topics: Dari akurasi FaceApp sampai error Bank Mandiri


Senin, 22 Juli 2019 / 06:06 WIB

Trending Topics: Dari akurasi FaceApp sampai error Bank Mandiri

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa berita yang tayang di Kontan.co.id pekan lalu (15-19 Juli 2019) cukup menyita perhatian pembaca dan menjadi trending topics. Sebagian di antaranya terkait dengan investasi, nasional, peristiwa, internasioal, tokoh, dan perbankan.

Berikut ini beberapa artikel di antaranya yang sayang Anda lewatkan. Ada artikel mengenai tingkat bunga deposito, persepsi khalayak atas Bandara Soekarno-Hatta versus Kertajati, kesiapan 5G Telkom, aplikasi FaceApp yang menghebohkan, dan banyak artikel lain.

Bunga Deposito Bank Umum

Ingin menyimpan dana di deposito? Ada baiknya mengintip penawaran bunga deposito sejumlah bank berikut ini yang datanya masuk ke Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU) Bank Indonesia.

Berdasarkan data PIPU per 12 Juli 2019, Bank Mayora paling tinggi memasang bunga deposito tenor satu bulan dan tenor tiga bulan. Untuk deposito tenor satu bulan, Bank Mayora memberikan bunga 6,75%. Menyusul Bank Tabungan Negara (BTN) yang menawarkan bunga deposito 6,67% untuk tenor satu bulan.

Sedangkan pada deposito tenor tiga bulan, Bank Mayora memasang penawaran bunga 7,5%. Diikuti Bank ICBC Indonesia dengan bunga 6,75%.

Silakan baca artikel selengkapnya di "Bank Mayora paling tinggi, ini dia penawaran bunga deposito bank per 12 Juli 2019"

Soekarno Hatta Lebih Populer dari Kertajati

SELURUH penerbangan domestik dengan pesawat jet dari Bandara Internasional Husein Sastranegara (Bandung) kini telah resmi berpindah ke Bandara Internasional Kertajati di Majalengka. Meski baru mulai efektif dimulai pada awal Juli, ternyata penumpang asal Bandung lebih memilih untuk menggunakan penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta dari pada Kertajati.

Hal ini terungkap dari kenaikan trafik penumpang shuttle bus yang melayani rute Bandung ke Bandara Soekarno Hatta. Meski sebelumnya sempat turun saat harga tiket pesawat melambung tetapi ketika penerbangan dari Bandung beralih ke Majalengka justru terjadi kenaikan jumlah penumpang.

"Dulu shuttle Bandung-Jakarta sempat drop karena tiket pesawat baru-baru naik, tetapi sekarang naiknya sudah lebih dari 150%," kata Rudi Ardijanto Arifin, pemilik biro perjalanan Jackal Holidays kepada Kontan.co.id belum lama ini.

Silakan baca artikel selengkapnya di "Biro perjalanan: Konsumen asal Bandung pilih terbang dari Soetta ketimbang Kertajati."

Telkom Siap 5G

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menjelaskan pengembangan 5G saat ini masih menunggu regulasi dan kesiapan spektrum. Namun manajemen menjelaskan bahwa saat ini sudah ada pembicaraan serius dengan calon klien.

Ririek Adriansyah, Direktur Utama TLKM, anggota indeks Kompas100 ini menjelaskan bahwa perusahaan sudah menjajaki penggunaan 5G untuk B to B. Walaupun dirinya memprediksi infrastruktur 5G baru bisa terbentuk dalam kurun waktu 1-2 tahun mendatang.

"Telkomsel sudah ada pembicaraan awal dengan salah satu perusahaan di salah satu pulau. Industri kertas yang mau menggunakan teknologi 5G dari kami," ujarnya di Jakarta, Senin (15/7)

Kendati belum final karena regulasinya juga belum diatur, namun dirinya menyampaikan potensi business bagi 5G.

Baca selengkapnya di "Telkom (TLKM) Siap Menyediakan Layanan 5G untuk Korporasi"

Bunga Deposito BTN Juara Kemarin (17/7)

Anda yang ingin menyimpan dana di deposito perbankan, silakan banding-bandingkan penawaran bunga deposito berikut ini. Menurut data Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU) Bank Indonesia per 16 Juli 2019, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) menawarkan bunga paling tinggi untuk deposito tenor satu bulan.

BTN memasang bunga deposito 6,68%. Tertinggi kedua Bank Mayora dengan bunga deposito tenor sebulan sebesar 6,63%.Untuk deposito tenor tiga bulan, Bank Mayora dan Bank ICBC Indonesia paling tinggi bunganya yakni sama-sama sebesar 6,75%.

Artikel selengkapnya: "Bunga deposito 1 bulan BTN tertinggi, ini update bunga deposito bank per 16 Juli 2019"

Bunga KPR Danamon Terendah

BANK Danamon menggelar promo bunga kredit pemilikan rumah (KPR) sebesar 6,3%. Meski promo ini cuma berlaku sebulan, proses pencairan masih berlaku hingga September 2019. "Ini adalah penawaran bunga yang paling rendah dalam lima tahun terakhir," kata Secured Bussiness Head Bank Danamon Baraningrum, Selasa (16/7).

Di kuartal II-2019, penyaluran KPR Danamon masih tumbuh 26%–27% year on year (yoy). Pertumbuhan KPR lebih cepat biasanya terjadi di kuartal III dan IV, yakni dapat mencapai 40%. Hingga kuartal I-2019, total portofolio KPR Bank Danamon mencapai Rp 8,3 triliun atau naik 27% dibanding dengan periode sama tahun lalu. "Nanti di akhir tahun semoga bisa mencapai Rp 10 triliun di akhir tahun," ujarnya.

Bara, panggilan akrab Baraningrum mengakui ada penurunan tren properti dalam lima tahun terakhir. Menyiasati bisnis KPR yang kurang bergairah, Danamon punya beberapa strategi. Salah satunya menjalin sinergi dengan Mitsubishi UFJ FInancial Group (MUFG) yang merupakan pemegang saham Bank Danamon.

Artikel selengkapnya: "Bank Danamon tawarkan promo bunga KPR, terendah dalam lima tahun terakhir"

Sikap OJK ke Mantan Petinggi AISA

SEMPAT ditahan di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, kabar mantan bos snack Taro dari PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) Joko Mogoginta dan Budhi Istanto mendapat penangguhan penahanan sudah sampai ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lantas apa upaya regulator untuk menyelesaikan perkara dugaan penggelapan dana AISA?

Sebelumnya, dalam berkas yang dimiliki Kontan, diketahui Stefaus Joko Mogoginta dan Budhi Istanto Suwito yang juga adik laki-laki Joko, ditahan lewat surat penahanan SP.Han/48/VII/2019/Dit Tipidum dan SP.Han/49/VII/2019/Dit Tipidum.

Joko ditahan karena dijerat tiga pasal, terjerat Psl 378 KUHP Jo Psl.56 &/Psl 372 KUHP & Psl 5 UU No.8/2010. Sedangkan Budhi terjerat Pasal 378 KUHP &/Pasal 372 KUHP &Pasal 3 UU No.8/2010.

Artikel selengkapnya: "Forsa mendesak OJK untuk menyelesaikan kasus Tiga Pilar (AISA)"

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa artikel yang tayang di media online kesayangan Anda ini, kemarin (18/7), menjadi trending topics. Agar berbeda dari biasanya, kali banyak pembaca lebih menaruh perhatian pada berita nasional dan politik, ketimbang artikel seputar investasi dan pasar modal.

Nah, berikut ini ringkasan tiga artikel yang menjadi trending topics kemarin. Satu artikel mengenai kendala penerbangan jemaah haji. Satu artikel lain soal perubahan organisasi Markas Besar TNI dan satu artikel lagi mengenai pemeringkatan utang.

Pesawat Jemaah Haji Balik Arah

Pesawat Garuda Indonesia pengangkut 455 jemaah haji Indonesia asal kloter Ujung Pandang (UPG) 14 mengalami masalah teknis. Kondisi ini membuat pesawat harus kembali ke bandara asal Sultan Hasanudin, Makassar, setelah sempat terbang selama dua jam.

Rencananya pesawat tersebut mengantarkan jemaah haji menuju Bandara Prince Mohammed bin Abdul Aziz di Madinah.

Mengacu laporan Maskapai Garuda Airlines yang diterima Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, pesawat tipe Boeing 747-400 itu mengalami kerusakan hidrolic leaking oil (nose gear) di bagian roda. Kepala Seksi Kedatangan dan Keberangkatan Daker Bandara PPIH Arab Saudi, Cecep Nursyamsi mengakui kondisi ini baru pertama kali terjadi.

Artikel lengkap: "Pesawat Garuda pengangkut jemaah haji terpaksa putar balik, ini kronologinya"

Presiden Jokowi bentuk Komando Operasi Khusus TNI

Pemerintah memandang perlu membentuk Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia (Koopssus) dari matra darat, laut, dan udara yang bercirikan kemampuan khusus dengan tingkat kecepatan gerak dan keberhasilan tinggi.

Tujuannya untuk menghadapi ancaman yang memiliki eskalasi tinggi dan dapat membahayakan ideologi Negara, kedaulatan Negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan melindungi segenap bangsa Indonesia,

Atas dasar pertimbangan tersebut pada 3 Juli 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia. Dilansir dari laman Setkab, Kamis (18/7), Perpres ini mengubah susunan Mabes TNI.

Artikel lengkap: "Jokowi bentuk Komando Operasi Khusus (Koopssus) di tubuh TNI"

Peringkat Utang Tiga BUMN

Fitch Ratings menegaskan peringkat internasional tiga bank BUMN, yakni PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) alias BRI, dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) alias BNI. Pada saat bersamaan, Fitch juga menegaskan peringkat nasional untuk ketiga bank BUMN tersebut.

Ada beberapa pertimbangan yang membuat Fitch mengafirmasi peringkat utang ketiga bank BUMN tersebut. Pertimbangan tersebut berdasarkan pada viability rating (VR) alias peringkat viabilitas yang menjadi salah satu komponen kunci dalam pemeringkatan Fitch untuk lembaga perbankan.

Berikut pertimbangan lembaga pemeringkat Fitch terhadap peringkat viabilitas BRI, Bank Mandiri, dan BNI.

Artikel lengkap: Simak Penilaian Fitch terhadap Bank Mandiri, BRI, dan BNI

Seragam Pramugari Paling Menawan dari Seluruh Dunia

SERAGAM pramugari menjadi salah satu ciri khas maskapai. Beberapa perusahaan penerbangan dikenal baik oleh pelanggan justru karena tampilan seragam para pramugarinya. Menurut DW, ada 10 maskapai dengan seragam pramugari yang paling menawan sejagat. Salah satu seragam pramugari berasal dari maskapai Indonesia.

Misalnya, seragam pramugari Virgin America yang merah menyala hasil rancangan Vivienne Westwood. Ada lagi seragam pramugari Batik Air yang mengenakan kebaya dan rok batik. Lainnya, pramugari Aeroflot dengan seragam ala kebesaran militer berwarna merah menyala.

Artikel lengkap baca: Seragam pramugari paling menawan dari seluruh dunia

 

Seberapa akurat editan FaceApp?

KEMAMPUAN aplikasi FaceApp mengedit wajah muda menjadi jauh lebih tua sedang menjadi demam bagi banyak pengguna internet. Masing-masing pengguna malah menuakan wajahnya dan mengunggahnya di dunia maya atau media sosial.

Nah, sejauh mana akurasi penuaan aplikasi ini pada wajah seseorang? Untuk membuktikannya, KONTAN melakukan uji coba mengedit foto lima selebritas dunia ketika muda menggunakan FaceApp. Kemudian, foto hasil editan FaceApp itu dibandingkan dengan foto terbaru mereka. Hasilnya, ada yang mirip tapi ada bagian tertentu yang justru tidak sesuai aslinya.

Artikel lengkap: Seberapa akurat editan FaceApp? Bandingkan pada wajah asli 5 pesohor ini

 

Sempat error, OJK tagih laporan dari Bank Mandiri

 

PEMELIHARAAN sistem PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang tidak sempurna belum lama ini membuat sekitar 10% data atau 1,5 juta nasabah mengalami perubahan saldo rekening. Baik itu untuk posisi saldo bertambah ataupun justru berkurang.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Heru Kristiyana memastikan, akan mengklarifikasi insiden tersebut ke direksi Bank Mandiri. Sebagian klarifikasi sudah Bank Mandiri lakukan pada Sabtu kemarin. Dan, klarifikasi lanjutan bakal dilakukan Senin ini untuk menentukan tindakan lanjutan, supaya hal tersebut tidak terulang kembali.

Artikel selengkapnya: Sempat error, OJK tagih laporan dari Bank Mandiri

 

Pembukaan ruas tol baru, Terbanggi Besar–Kayu Agung beroperasi Agustus

 

BULAN depan, Agustus 2019, PT Hutama Karya (Persero) berencana mengoperasikan secara resmi ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang masuk jaringan Jalan Tol TransSumatra (JTTS).

Saat ini, ruas tol dengan panjang 185 kilometer tersebut masih berstatus fungsional, belum operasional. Ruas tol itu merupakan bagian dari jalan tol kelolaan Hutama Karya dengan total sepanjang 361,06 kilometer.

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan menjelaskan, dari total 361,06 km, sepanjang 174,06 km sudah merupakan jalan tol operasional. Sisanya masih fungsional.

Artikel selengkapnya: Pembukaan ruas tol baru, Terbanggi Besar–Kayu Agung beroperasi Agustus

 

 

 


Reporter: Hasbi Maulana
Editor: Hasbi Maulana
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0022 || diagnostic_api_kanan = 0.0022 || diagnostic_web = 0.1777

Close [X]
×