kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ujian dan tantangan yang harus dihadapi multifinance jelang akhir tahun


Jumat, 28 September 2018 / 07:35 WIB

Ujian dan tantangan yang harus dihadapi multifinance jelang akhir tahun
ILUSTRASI. Mandiri Tunas Finance


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang akhir tahun, industri pembiayaan bakal menghadapi sejumlah ujian dan tantangan. Tidak tanggung-tanggung, ujian ini datang dalam waktu yang bersamaan.

Direktur PT Mandiri Tunas Finance (MTF) Harjanto Tjitohardjojo mengatakan, tantangan yang dihadapi pelaku usaha di sisa tahun 2018 ini salah satunya adalah peningkatan biaya dana. Hal ini biasa disikapi multifinance dengan penyesuaian bunga pembiayaan kepada debitur.

Kondisi ini tentunya membuat konsumen harus mengeluarkan lebih banyak uang guna membayar cicilan.

Sayangnya, di saat yang bersamaan nilai tukar rupiah masih berada dalam tren yang tidak menggembirakan. Bila tren ini belum berhenti, lagi-lagi calon nasabah yang bisa terkena imbasnya.

"Jika nilai dollar naik terus, harga kendaraan bisa naik," kata Harjanto, Kamis (27/9).

Tantangan lain yang ikut menghampiri adalah iklim politik yang mulai menghangat. Kondisi ini bisa membuat beberapa calon nasabah menunda pembelian kendaraan.

Tapi meskipun dihadapkan pada sejumlah tantangan, ia optimistis perusahaannya masih bisa memenuhi target yang dipasang tahun ini. Soalnya sejauh ini penyaluran kredit MTF masih tumbuh sesuai harapan.

"Sejauh ini masih on the track," ungkapnya.

Sampai Agustus, Mandiri Tunas Finance sudah mencatatkan penyaluran kredit Rp 17,8 triliun. Jumlah ini setara dengan 74% dari target MTF di tahun ini yang sebesar Rp 24 triliun.


Reporter: Tendi Mahadi
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×