kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,64   9,30   1.00%
  • EMAS1.035.000 -0,48%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Upaya Bank BJB Tingkatkan Akses Permodalan ke Masyarakat Lewat Kredit Mesra


Rabu, 30 November 2022 / 20:11 WIB
Upaya Bank BJB Tingkatkan Akses Permodalan ke Masyarakat Lewat Kredit Mesra
ILUSTRASI. Petugas teller melakukan pelayanan kepada nasabah di Bank BJB Cabang Utama, Jalan Braga, Kota Bandung, Selasa (20/6/2017). Upaya Bank BJB Tingkatkan Akses Permodalan ke Masyarakat Lewat Kredit Mesra.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Bank BJB memiliki sejumlah srategi untuk menyalurkan kredit. Salah satunya melalui program Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera atau disingkat jadi kredit Mesra.

Kredit ini merupakan sebuah skema kredit hasil kerja sama antara Bank BJB dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap akses permodalan, memudahkan masyarakat mendapatkan pembiayaan mikro, mengurangi angka pengangguran, dan peningkatan pertumbuhan ekonomi selaras dengan keimanan. 

Pinjaman ini berlaku bagi seluruh komunitas rumah ibadah semua agama yang diakui di Indonesia, yang disalurkan  ke masyarakat yang ada di sekitaran masjid, gereja, klenteng, pura, dan vihara. 

Baca Juga: Bank BJB Dinobatkan Sebagai Salah Satu Pemenang LPS Banking Award 2022

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB, Widi Hartoto, mengatakan kredit BJB Mesra menjadi sebuah program yang bermanfaat dan mampu menjadi sarana peningkatan inklusi keuangan masyarakat. 

Untuk itu Bank BJB berupaya menyebarluaskan dan menyosialisasikan program ini melalui berbagai kegiatan.

"Seperti BJB Mesrakan UMKM, dan menjalin kerja sama dengan berbagai organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang pemberdayaan pelaku usaha berbasiskan rumah ibadah seperti Dewan Masjid Indonesia, Fatayat NU, dan Aisyiyah Muhammadiyah," ujar Widi Hartoto, dalam keterangan tertulisnya Rabu (30/11/2022).

Bank BJB bersama organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan sinergi program. Di antaranya Sekoper Cinta (Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita) dengan memberi pinjaman bagi lulusan yang memiliki usaha dan berada di sekitar rumah ibadah. 

Baca Juga: Bankir Optimistis Kredit Konsumer Tumbuh Optimal di 2023, Ini Pendorongnya

Kemudian OPOP (One Pesantren One Product), di mana kredit Mesra Bank BJB dijadikan sumber pembiayaan modal usaha pelaku usaha di pesantren yang mengikuti program OPOP. Lalu program Patriot Desa, pemberdayaan desa melalui pemuda Jawa Barat memasarkan kredit Mesra bagi masyarakat binaan Patriot Desa, serta sinergi lainnya.

Salah satu debitor Bank BJB asal Kota Bandung Endang Koswara merupakan penerima kredit Mesra ini. Endang membuka usaha roti dengan mendapat pinjaman modal dari program kredit BJB Mesra yang ia tahu dari  komunitas Masjid.

“Dari situ saya mendengar jika ada pinjaman kredit BJB Mesra, tanpa agunan dan tanpa bunga,” jelas Endang. Endang mengaku berhasil membesarkan usaha rotinya berbekal Kredit Mesra ini.

Baca Juga: Restrukturisasi Covid-19 Diperpanjang Secara Targeted, Begini Respons Bank BJB

Endang hanyalah satu dari sekian banyak masyarakat yang terbantu oleh program kredit Mesra Bank BJB. Sejak 2018 sampai saat ini tercatat telah ada 11.516 debitur Kredit BJB Mesra. 

Program ini juga telah mengkaver tiga provinsi di Indonesia, dengan rincian hadir di 11 kota dan 20 kabupaten. Mencakup 1.004 rumah ibadah dengan jumlah komunitas/kelompok mencapai 1.802 kelompok. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Complete Three Statement Modeling Financial Statement Analysis

[X]
×