kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menarik Minat Talenta Digital, BCA Luncurkan Webseries Rumah Biru Season 2


Rabu, 10 Agustus 2022 / 10:44 WIB
Menarik Minat Talenta Digital, BCA Luncurkan Webseries Rumah Biru Season 2
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi keuangan di?kantor cabang BCA di Jakarta,


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hiruk pikuk transformasi digital yang terjadi di hampir seluruh sektor bisnis di Tanah Air membuat permintaan akan talenta digital semakin tinggi. Kebutuhan belum sebanding dengan supply yang tersedia membuat persaingan untuk mendapatkan talenta digital cukup tinggi.

Industri perbankan merupakan salah satu punya kebutuhan talenta digital tinggi. Teknologi sudah menjadi core bisnis pada perbankan dalam melayani kebutuhan nasabah saat ini.

Untuk itu, diperlukan banyak Sumber Daya Manusia (SDM) yang betul-betul mengerti teknologi agar pondasi digitalisasinya kuat.

PT Bank Central Asia Tbk terus melakukan berbagai cara untuk menarik minat para lulusan baru dari jurusan Information Technology (IT) terbaik untuk bergabung dengan BCA. Salah satunya dengan menghadirkan webseries “Rumah Biru” Season 2.

Baca Juga: Upaya Perbankan Penuhi Kebutuhan Talenta Digital di Tengah Tingginya Persaingan

Webseries ini menampilkan kisah tim BCA berkolaborasi untuk menciptakan teknologi layanan perbankan sebagai solusi bagi nasabah. Season kedua ini menceritakan keseruan tim IT berkolaborasi dengan tim Business Relationship Officer atau yang dulu dikenal sebagai Account Officer (AO) dalam sebuah project menciptakan teknologi untuk memudahkan transaksi nasabah, terutama para pemilik usaha kecil.

Direktur BCA Lianawaty Suwono menjelaskan, tujuan webseries kedua itu dengan mengakat tema IT adalah mendorong minat masyarakat, terutama mahasiswa IT, masuk ke perbankan.

“Selama ini di bayangan orang IT, bank itu adalah industri finance saja. Padahal bank bisa maju harus mengikuti perkembangan dimana saat ini sudah harus digital. Untuk itu, teknologi merupakan core perbankan,” jelasnya, Selasa (9/8).

Ia menambahkan, BCA saat ini masih kekurangan talenta digital di tengah gencarnya perseroam melakukan digitalisasi. Total Sumber Daya Manusia (SDM) IT BCA per Juni 2022 sudah mencapai hampir 1.500. Jumlah tersebut telah melebihi jumlah karyawan dalam satu kanwil BCA.

Liana bilang, perekrutan talenta digital akan terus dilakukan. Sampai akhir tahun ditargetkan bisa mendekati 2.000 dan pada akhir 2023 diharapkan sudah lebih dari 2.000 orang. Adapun dalam lima tahun ke depan, kebutuhan talenta digital BCA diperkirakan akan mencapai 4.000-5.000.

Sementara Wakil Presiden Direktur BCA, Armand W. Hartono mengatakan, sinergi insan BCA dalam bekerja selalu mengacu pada Corporate Core Value yang kami tanamkan sejak dulu.

“Melalui series ini, kita akan diperlihatkan realita situasi serta lingkungan kerja tim IT dalam menjawab tantangan dan berkolaborasi memberikan solusi,” ujar Armand.

Season kedua ini akan diperankan oleh sederet aktor ternama di Tanah air antara lain Agnes Naomi, Wafda, Sahira Anjani, Albert Halim, Tubagus Ali, Givina dan sederet nama lainnya. Webseries ini akan memiliki 4 episode dengan masing-masing episode memiliki durasi 10-15 menit.

Baca Juga: BCA Perkirakan Karyawan IT Akan Capai 5.000 hingga Lima Tahun ke Depan

Penonton dapat menyaksikan bersama para aktor melakoni tokoh masing-masing sebagai insan BCA di kanal Youtube Solusi BCA.

Webseries “Rumah Biru” menyasar generasi millenial dan generasi Z sebagai target audiens. Sebelumnya, “Rumah Biru” season 1 berhasil mendapat apresiasi oleh lebih dari 7,6 juta penonton di kanal Youtube BCA. Kesuksesan ini juga yang akhirnya menjadi salah satu alasan pembuatan season ke-2.

Selain peluncuran webseries Rumah Biru, BCA juga sekaligus memperkenalkan working space #ITBCA di Wisma BCA Foresta dengan nuansa modern futuristic dalam rangka memberikan kenyamanan bekerja bagi Insan BCA.

Working space ini juga menghadirkan fasilitas VR & Metaverse, Vtuber: Face & Hand Tracking, Hologram Fan, 3D Printer, HoloLens 2: Mixed Reality.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×