kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45998,34   4,74   0.48%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Heboh pemotongan Rp 1.000 di rekening Taplus BNI


Jumat, 20 Oktober 2017 / 17:04 WIB
Heboh pemotongan Rp 1.000 di rekening Taplus BNI


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hari ini, Jumat (20/10), curhatan seorang nasabah Taplus BNI menjadi viral di Facebook. Dia bernama Abu Muhammad Al Mudiki.

Abu menceritakan, dia menemukan kejanggalan terhadap transaksi di internet banking rekening BNI miliknya. Yakni, adanya transaksi Rp 1.000 dengan keterangan "Tunggakan by rek". 

Meski hanya Rp 1.000, namun Abu mencurigainya. "Saya jadi bertanya-tanya yaa... Ini potongan apa? Saya punya tunggakan apa?" katanya di laman Facebooknya. 

Akhirnya dia putuskan untuk datang ke BNI terdekat dan menanyakan hal ini langsung kepada cutomer service. Dia menceritakan, customer service  juga terkejut, karena hal ini baru pertama kali terjadi.

"Pegawai BNI pun kemudian melakukan pengecekan pada rekening pribadinya, dan ternyata juga terjadi pemotongan dengan nominal dan keterangan yang sama. Customer Service lalu menghubungi "entah siapa".  Cukup lama saya menanti, tapi tidak mengapa... demi terjawabnya sebuah tanya yang telah disampaikan... :)," ceritanya lagi. 

Kemudian, setelah hampir setengah jam Abu berada di BNI, akhirnya dia mendapat penjelasan. Yakni: Pertama, bahwa sedang ada gangguan pada sistem BNI. Kedua, terjadi pemotongan saldo pada seluruh rekening Taplus BNI.

Ketiga, rekening BNI selain Taplus, tidak ada pemotongan. Keempat, masalah ini sedang diatasi oleh BNI. Kelima, jika masalah telah berhasil diatasi, dana nasabah yang terpotong akan dikembalikan ke rekening nasabah.

"Analisa pribadi saya, bahwa ada hacker yang berhasil masuk ke dalam celah sistem BNI dan melakukan pemotongan pada dana di rekening Taplus BNI. Memang dana yang diambil nominalnya adalah kecil, hanya seribu rupiah... Tapi jika dikalikan dengan jumlah rekening Taplus BNI di seluruh Indonesia, maka jumlahnya akan sangat besar. Mungkin cukup untuk membangun infrastruktur... :D," jelas Abu. 

Abu berharap, semoga BNI segera bisa mengatasi masalah ini. Bagi Anda yang memiliki rekening Taplus BNI, silakan dicek transaksinya. Jika mengalami kejadian serupa, silakan ke customer service terdekat untuk mendapatkan informasi yang jelas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×