kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asuransi jiwa kejar premi dua digit


Sabtu, 09 Juni 2018 / 09:17 WIB
Asuransi jiwa kejar premi dua digit
ILUSTRASI. Kantor Zurich Topas Life


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis membaik, perusahaan asuransi jiwa kian optimistis bisa mengerek premi di tahun ini. Sejumlah perusahaan asuransi jiwa yakin perolehan tahun bisa tumbuh tinggi.

Ambil contoh PT Zurich Topas Life menargetkan premi tumbuh 50% di tahun 2018. Tahun lalu, perusahaan ini mencetak premi senilai Rp 542,07 miliar.

Chief Agency Officer Zurich Topas Life Budi Darmawan mengatakan, target pertumbuhan premi tersebut sudah sejalan dengan realisasi premi di kuartal I 2018 yang tumbuh 59% secara tahunan.

Hingga Maret 2018, premi baru (new bussiness) Zurich Topas mencapai Rp 68 miliar dari Rp 42 miliar. Di kuartal II 2018 ini, Budi optimistis, pertumbuhan bisnis bisa sama seperti awal tahun ini.

"Sampai akhir tahun ini kami ingin menjaga pertumbuhan bisnis seperti capaian kuartal I dengan target naik 50%," kata Budi, Jumat (8/6).

Dia bilang, pertumbuhan tersebut didukung upaya perusahaan dalam menggenjot produktivitas agen. Selain itu, perusahaan ini juga melakukan edukasi dan membuat inovasi produk yang membawa iklim positif.

Hingga kini, mayoritas pendapatan premi Zurich Topas dikontribusi dari keagenan dengan porsi 70%. Selebihnya dari bancassurance. Momen Lebaran, Budi melihat, ada peningkatan permintaan di produk asuransi perjalanan dan personal accident.

Kendati terhitung sebagai pemain baru di industri asuransi jiwa, PT Bhinneka Life Indonesia optimistis tahun ini bisa membukukan pertumbuhan premi 20%–30% dari realisasi Rp 633 miliar di tahun lalu. Ini berarti, target premi perusahaan ini mencapai Rp 760 miliar–Rp 823 miliar di tahun 2018.

Di tahun kedua beroperasi, perusahaan yang dahulunya bernama PT Asuransi Jiwa Bumiputera tersebut ingin fokus mengenalkan eksistensi perusahaan. Direktur Utama Bhinneka Life Wiroyo Karsono menuturkan, Bhinneka Life masih fokus mengincar segmen nasabah kelas menengah ke bawah. Sedangkan pasar segmen menengah ke atas akan digarap di semester II 2018.

Tahun ini, Bhinneka Life masih akan fokus pemasaran melalui jalur distribusi keagenan. Tiap bulan, ada 300 agen baru tergabung di Bhinneka Life dan ke depan akan terus ditingkatkan menjadi 1.000 agen per bulannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×