: WIB    —   
indikator  I  

Bank besar menyiapkan bisnis trustee

Bank besar menyiapkan bisnis trustee

JAKARTA. Bankir kelas kakap dari kelompok bank umum  dan kantor cabang bank asing (KCBA) menyambut hangat kebijakan Bank Indonesia (BI) yang membolehkan bank  menyediakan layanan penitipan dana dengan pengelolaan (trustee). Bankir yang bisa memenuhi persyaratan siap membuka bisnis trustee pada tahun depan.

Muhammad Ali, Sekretaris Perusahaan Bank Rakyat Indonesia (BRI), menuturkan bank berpelat merah ini tengah mempersiapkan rencana penitipan itu. Mereka sudah mempunyai rencana membuat unit kerja trustee yang memberikan jasa trustee agency. "Itu sudah masuk dalam rencana bisnis bank (RBB) tahun 2013," kata Ali, Senin (26/11).

Andrianto Wahyu Adi, Senior Vice President Bank Mandiri, menegaskan perseroran siap membuat bisnis trustee. Dasarnya karena berpengalaman sebagai wali amanat di pasar modal. "Ini, kan, seperti cash management cuma kepemilikan legalnya dipisahkan," kata Andrianto.

Bank Mandiri akan menyasar nasabah trustee dari eksportir dan kontraktor kontrak kerjasama (K3S) minyak dan gas (migas). Untuk menggaet nasabah, Mandiri akan menyediakan teknologi dan layanan menyeluruh.

Namun, Mandiri dapat memutuskan apakah bisnis trustee akan berlangsung melalui satu perusahaan baru atau unit usaha. Pastinya, manajemen sudah memasukkan rencana itu dalam RBB 2013. "Biasanya, awal pembentukan bisnis dari unit usaha," kata Adrianto.
Butuh penjelasan

Gatot M. Suwondo, Direktur Utama Bank BNI, menyampaikan masih mengkaji hasil keputusan BI tentang trusstee. Soalnya, pihaknya ingin memperjelas fungsi trusstee karena eksportir dan importir tidak akan sembarangan menyimpan dana mereka di bank. "Setelah pengkajian, kami baru akan memasukan rencana trustee dalam revisi RBB 2013," jelas Gatot.

Tigor M. Siahaan, Country Officer Citibank Indonesia juga menyuarakan hal senada. Pihaknya masih menunggu informasi yang lebih rinci terkait aturan trustee. Hal ini mengingat, bisnis trustee akan mengelola dana besar. Dengan demikian, perlu mempelajari ketentuan-ketentuan yang lebih mendalam agar tidak keliru.                 Bank Besar Menyiapkan Bisnis Trustee


Reporter Nina Dwiantika
Editor Asnil Bambani Amri

PERBANKAN

Feedback   ↑ x
Close [X]