KEUANGAN
Berita
BI kembali perlebar batas bawah deposit facility jadi 200 bps

PUNGA SIMPANAN BANK

BI kembali perlebar batas bawah deposit facility jadi 200 bps


Telah dibaca sebanyak 1178 kali
BI kembali perlebar batas bawah deposit facility jadi 200 bps

JAKARTA. Bank Indonesia (BI) kembali memperlebar batas bawah suku bunga deposit facility (simpanan bank di BI). Setelah September 2011 memperlebar batas bawah dari 100 bps menjadi 150 bps, kini bank sentral memperlebar lagi menjadi 200 bps di bawah BI rate. Hal tersebut diputuskan dalam Rapat Dewan Gubernur harian BI, Selasa (17/1).

"Ini sebagai langkah untuk memperkuat manajemen likuiditas perbankan dengan mendorong bank saling bertransaksi. Selain itu, juga meningkatkan efisiensi perbankan," ujar Kepala Biro Humas Bank Indonesia Difi A Johansyah, Selasa (17/1).

Difi menjelaskan, lewat penurunan ini diharapkan perbankan akan lebih aktif lagi bertransaksi di pasar uang antar bank (PUAB) dibandingkan menyimpan dananya di BI.

"Kami mendorong bank-bank supaya transaksi antar mereka sendiri. Kalau sama BI, bunganya tidak menarik, hanya 4%," ucap Difi.

Adapun batas atas suku bunga deposit facility tetap dipertahankan di level 100 bps di atas BI rate. Kebijakan ini berlaku efektif mulai 18 januari 2012.

Telah dibaca sebanyak 1178 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Ada ratusan produk, pilih mana?

    +

    Ada sekitar 850 produk reksadana beredar saat ini. Pilihlah yang sesuai dengan gaya investasimu

    Baca lebih detail..

  • Menimbang return reksdana dan investasi lain

    +

    Return reksadana memang ciamik sepanjang tahun ini. Tapi, belakangan muncul gejolak di pasar. Apakah lebih baik mengamankan aset di instrumen aman seperti deposito, atau emas yang harganya sekarang lebih murah?

    Baca lebih detail..