kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPD Bali bidik KUR ritel Rp 295 miliar


Kamis, 28 April 2016 / 14:14 WIB
BPD Bali bidik KUR ritel Rp 295 miliar


Sumber: Antara | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali membidik porsi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk ritel sebesar Rp 295 miliar dari total alokasi KUR sebesar Rp 305 miliar.

"Kami peroleh Rp 305 miliar untuk KUR. Sebesar Rp10 miliar untuk KUR mikro dan Rp 295 miliar untuk ritel," kata Direktur Utama BPD Bali, I Made Sudhja di Denpasar, Kamis (28/4).

Untuk realisasi KUR dengan bunga 9% tersebut pihaknya menjalin kerjasama dengan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Sebagian besar penyaluran KUR tersebut akan dialokasikan untuk sektor yang selama ini potensial, namun belum banyak tergarap di antaranya sektor perikanan, pertanian dan peternakan.

Untuk sektor perikanan misalnya bank yang sahamnya dimiliki pemerintah daerah Bali itu akan menyasar nelayan di Kabupaten Jembrana dan Klungkung. Selain juga menyasar sektor pertanian di Kabupaten Jembrana dan Tabanan serta peternakan di kabupaten lainnya.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan pencairan KUR tersebut karena harus menunggu penandatanganan bersama dengan Kementerian Keuangan di Jakarta. "Saya harus ke Jakarta dulu untuk tanda tangan PK dengan Kementerian Keuangan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini," katanya.

Sudja menambahkan, Kementerian Keuangan telah menyetujui BPD Bali menyalurkan KUR per Maret 2016. Sebelumnya, ada empat bank yang menyalurkan kredit usaha rakyat yakni tiga bank BUMN yakni BRI, BNI dan Bank Mandiri serta Bank Sinarmas yang khusus menyalurkan KUR untuk tenaga kerja Indonesia.

Saat ini, lanjut Sudja, sudah ada beberapa bank lagi yang ikut menyalurkan KUR yakni Bank Bukopin, BTPN, OCBC, Maybank, Bank Permata, Panin Bank, Arta Graha, BPD Kalbar, BPD NTB, BPD NTT, BPD Yogyakarta, BPD Sulselbar, BPD Jateng dan BPD Sumatera Utara. (Dewa Wiguna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×