kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Caplok Danamon, MUFG siapkan Rp 15,87 T di tahap 1


Rabu, 27 Desember 2017 / 13:45 WIB
Caplok Danamon, MUFG siapkan Rp 15,87 T di tahap 1


Reporter: Yoliawan H | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) semakin mantap untuk mengakuisisi saham mayoritas dari PT Bank Danamon Tbk (Danamon). Rencananya, akusisi ini akan dilakukan secara tiga tahap. Tahap pertama diharapkan dapat terjadi dalam beberapa hari kerja ke depan.

Menurut Senior Managing Executive Officer for Asia & Oceania Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ, Takayoshi Futae, akuisisi dilakukan tiga tahap sesuai besaran saham yang akan di perjualbelikan. Pada tahap pertama, pihak MUFG akan menyiapkan dana sebesar Rp 15,87 triliun dengan harga per lembar saham Rp 8.323. Apabila tahap pertama rampung, MUFG akan memiliki 19,9% saham Danamon.

Sementara tahap kedua diharapkan terjadi pada kuartal II hingga kuartal III tahun 2018. Pada tahapan ini, MUFG akan membeli 20,1% kepemilikan sehingga menambah porsi kepemilikannya menjadi 40% di saham Danamon.

Adapun, untuk tahap terakhir, diharapkan MUFG dapat memiliki lebih dari 73,8% kepemilikan dari Danamon. Terkait dana yang dikeluarkan untuk tahap dua dan tiga masih dalam kajian yang didasari oleh pendekatan serupa dengan tahap pertama.

“Kami menghargai strategi dan manajemen yang sedang berjalan di Danamon ke depannya. Kami tidak akan melakukan perubahan strategi serta manajemen,” ujar Futae saat acara media briefing MUFG, Rabu (27/12).

Pihaknya pun akan mempertahankan arah bisnis serta fokus bisnis dari Danamon yang sudah ada saat ini. Ke depan, MUFG justru akan membantu agar bisnis Danamon semakin kuat dengan jaringan MUFG yang luas.

Futae menjelaskan, pihaknya telah berbicara terkait niatan akusisi ini kepada regulator. Harapannya, mereka bisa mendapatkan izin dari regulator saat tahap dua akan dilaksanakan. “Saya optimistis dengan rencana ini ke depannya. Regulator sudah membimbing dan memberi arahan,” jelas Futae.

Ada beberapa alasan yang membuat MUFG memilih Danamon. Antara lain, Danamon memiliki bisnis sektor ritel yang baik terutama pembiayaan kendaraan bermotor. Serta segmen bisnis Danamon yang bergerak di segmen menengah dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Harga yang ditawarkan adalah harga terbaik menurut kami. Dan, tentunya kita sudah membandingkan Danamon dengan bank lain dan terlihat Danamon tempat terbaik untuk investasi kami,” ujar Futae.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×