kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jamkrindo jadi penjamin KTA Bank Mandiri Rp 1T


Jumat, 18 Maret 2016 / 23:07 WIB
Jamkrindo jadi penjamin KTA Bank Mandiri Rp 1T


Sumber: Antara | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Perum Jamkrindo menjalin kerja sama dengan Bank Mandiri untuk menjadi penjamin Kredit Tanpa Agunan (KTA) sebesar Rp1 triliun untuk meningkatkan realisasi kredit atau pembiayaan pihak bank.

"Kerja sama ini memiliki tenor satu tahun dan kami menargetkan Rp1 triliun untuk penjamin kredit," kata Direktur Bisnis Penjamin Perum Jamkrindo Bakti Prasetyo seusai melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Direktur Consumer Banking Bank Mandiri Hery Gunardi, Jumat (18/3).

Bakti menjelaskan kerja sama ini merupakan bagian dari peningkatan kemitraan yang telah terjalin lama, apalagi kesepahaman ini juga bertujuan untuk meningkatkan volume penjaminan oleh perseroan, seperti yang diamanatkan UU Penjaminan.

"Kerja sama ini bertujuan lebih meningkatkan kinerja masing-masing pemangku kepentingan baik peningkatan realisasi kredit maupun pembiayaan oleh Bank Mandiri sekaligus meningkatkan volume penjaminan oleh Perum Jamkrindo," ujarnya.

Sementara, Direktur Consumer Banking Bank Mandiri Hery Gunardi menambahkan jalinan kerja sama antar kedua perseroan ini bisa bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan KTA Bank Mandiri sebesar 22 % pada 2016.

"Kerja sama ini sejalan dengan strategi Mandiri untuk dapat mendorong pertumbuhan bisnis retail secara berkualitas dan sehat. Khusus di KTA, Bank Mandiri berharap dapat membukukan pertumbuhan bisnis sebesar 22 % pada tahun ini," ujar Hery.

Pada akhir 2015, kata Hery, portofolio KTA Bank Mandiri berada pada kisaran Rp14,1 triliun, tumbuh 19 % dari tahun sebelumnya, dengan rasio kredit bermasalah (NPL) terjaga rendah pada kisaran 0,67 %.

"Sebagai salah satu pemain terkemuka di industri penjaminan, Jamkrindo dapat memberikan skema perlindungan yang menguntungkan perseroan dan nasabah KTA sehingga nasabah tidak ragu-ragu terus memanfaatkan Mandiri KTA," jelasnya.

Hery menyakini, melalui perjanjian kerja sama ini, kedua perseroan juga bisa memperoleh manfaat yang signifikan pada perkembangan bisnis masing-masing yaitu penyaluran kredit maupun penjaminan kredit.

"Peran Jamkrindo sangat dibutuhkan Bank Mandiri. Sebagai mitra penjamin, Jamkrindo berfungsi meminimalkan risiko kredit yang kami salurkan ke masyarakat khususnya melalui kredit KTA ini," tambahnya.

Sebelumnya, Perum Jamkrindo telah memberikan penjaminan program KPR FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) Bank Mandiri dan perseroan menyalurkan pembiayaan KPR FLPP kepada 2.600 rekening senilai Rp210 miliar hingga akhir 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×