: WIB    --   
indikator  I  

Obligasi Pegadaian Rp 2,5 triliun diserbu investor

Obligasi Pegadaian Rp 2,5 triliun diserbu investor

KONTAN.CO.ID - Surat utang PT Pegadaian laris manis. Perusahaan gadai pelat merah ini mengalami kelebihan permintaan.

Dari plafon penawaran umum obligasi berkelanjutan III yang sebesar Rp 6 triliun, Pegadaian akan menerbitkan obligasi sebesar Rp 2,5 triliun di tahap pertama.

"Alhamdulillah obligasi oversubscribe hampir tiga kali lipat," kata Direktur Keuangan Pegadaian Teguh Wahyono, Selasa (13/9) malam.

Menurutnya ada beberapa faktor yang mendorong surat utang perusahaannya laris diburu investor. Pertama adalah dari sisi tren ekonomi makro yang terjadi belakangan ini.

Ekonomi makro, kata Teguh diyakini terus mengalami perbaikan. Hal ini diyakini akan diikuti oleh tren bunga acuan yang terus mengalami penurunan dan diikuti oleh tren yield obligasi turun. Kondisi ini memungkinkan harga obligasi akan naik kedepannya.

Faktor lain yang juga ikut memengaruhi adalah ada sejumlah obligasi yang bakal jatuh tempo beberpa waktu ke depan. "Sehingga banyak treasuri bank dan asuransi yang mencari obligasi pengganti untuk portofolio mereka," lanjutnya.

Faktor internal Pegadaian juga disebutnya ikut mempengaruhi. Ia yakin investor melihat bisnis dari perusahaannya akan terus tumbuh sebagai perusahaan pelat merah dengan rating AAA.


Reporter Tendi Mahadi
Editor Dessy Rosalina

PEGADAIAN

Feedback   ↑ x
Close [X]