kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo incar 70 calon anggota


Jumat, 27 Mei 2016 / 06:27 WIB
Pefindo incar 70 calon anggota


Reporter: Dina Farisah | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Sejak resmi beroperasi pada Desember tahun lalu, PT Pefindo Biro Kredit telah menjaring delapan anggota. Terdiri dari sejumlah institusi keuangan seperti perbankan, multifinance maupun perusahaan fintech.

Saat ini, Pefindo tengah melakukan penjajakan secara intensif dengan 70 calon anggota. Calon anggota itu terdiri atas 45 multifinance dan sisanya perbankan. Pefindo berharap seluruh perusahaan pembiayaan dapat bergabung menjadi anggota.

Sebab, asosiasi perusahaan pembiayaan Indonesia (APPI) turut andil sebagai salah satu pemegang saham Pefindo Biro Kredit. Adapun perusahaan yang sudah menjadi anggota Pefindo Biro Kredit yakni PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, PT Bussan Auto Finance, PT Bank Commonwealth, PT Nissan Financial Services Indonesia, PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia.

Selain itu ada pula PT Sarana Multi Infrastruktur dan dua start up yaitu Investree dan Doctor Rupiah. Pefindo Biro Kredit resmi mengantongi izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 22 Desember 2015 dengan modal dasar Rp 85 miliar. Modal ini melampaui batas minimum modal sebesar Rp 50 miliar.

Ke depan, Ronald T. Andi Kasim, Direktur Utama Pefindo Biro Kredit mengatakan, Pefindo juga akan menjalin kerjasama dengan koperasi simpan pinjam. Sebab, banyak calon debitur yang unbankable namun tercatat memiliki credit score yang baik pada koperasi simpan pinjam.

Calon debitur ini layak menjadi bahan pertimbangan untuk diberikan kredit. Namun rencana kerjasama ini masih menunggu kesiapan data koperasi terlebih dahulu. Saat ini, data nasabah koperasi belum tersusun apik. Diharapkan kerjasama ini dapat terjalin pada tahun depan.

Untuk jangka panjang, Pefindo ingin mendorong debitur dengan credit score yang tinggi agar dapat diberikan insentif berupa bunga murah. Ronald mengklaim, Pefindo Biro Kredit memiliki keunggulan dibandingkan sistem informasi debitur (SID) Bank Indonesia.

Pihaknya tidak hanya menyediakan data rekam jejak calon debitur pada perbankan saja. Melainkan juga data rekam jejak non perbankan yang meliputi tingkat kedisiplinan calon debitur dalam membayar tagihan telepon, tagihan listrik, angsuran pegadaian dan angsuran multifinance.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×