kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sambut lebaran, Bank BJB siapkan dana Rp 14,4 triliun


Jumat, 08 Juni 2018 / 06:10 WIB
Sambut lebaran, Bank BJB siapkan dana Rp 14,4 triliun


Reporter: Yoliawan H | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengantisipasi kebutuhan dana masyarakat di bulan Ramadan dan menjelang hari libur Lebaran, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Tbk (BJBR) menyiapkan dana tunai sekitar Rp 14,4 triliun yang telah dan akan didistribusikan ke seluruh jaringan kantor perseroan yang tersebar di Indonesia terutama ke sejumlah kota tujuan mudik.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Kontan.co.id, Kamis (7/6), dana yang disiapkan untuk menghadapi libur Lebaran tahun ini meningkat 50% bila dibandingkan dengan dana yang disiapkan pada bulan Ramadan dan menjelang Lebaran tahun lalu.

Hal ini dikarenakan oleh pencairan dana sertifikasi guru, dana bantuan operasional sekolah (BOS), Gaji ASN dan pensiunan bulan Juni.

Serta Gaji ke 14 ASN dan Pensiunan, ditambah THR ASN dan Pensiunan. BJB juga menerima layanan penukaran uang di semua kantor cabang bank BJB. Namun selama bulan Ramadan 1439 H Bank BJB melalui Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pemkot Bandung yang ditunjuk bersama bank-bank lain secara khusus melayani penukaran uang di sekitar Bank Indonesia untuk wilayah Bandung.

Sedangkan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya yang ditunjuk secara khusus adalah Kantor Cabang (KC) BSD, KC. Daan Mogot, KC. Gajah Mada, KC. Hasyim Ashari, Kantor Cabang Khusus (KCK) Jakarta, KC. Kebayoran Baru, KC. Rasuna Said, KC. Rawamangun, KC. SParman, dan KC. Saharjo.

Menurut data, Bank Indonesia telah menyediakan uang kartal untuk persiapan lebaran senilai Rp. 188,2 triliun. Uang kartal tersebut telah disebarkan ke seluruh kantor perwakilan BI di Indonesia untuk kebutuhan selama Ramadan dan Lebaran tahun ini yang liburnya semakin panjang.

Bank Indonesia juga mengimbau agar masyarakat menukarkan uang baru untuk persiapan Lebaran di tempat resmi. Hal itu dilakukan untuk mencegah peredaran uang palsu.

Selain pasokan uang, BI juga akan menggandeng 13 bank, termasuk bank BJB dalam menyiapkan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) melalui mobil layanan kas yang dilaksanakan mulai tanggal 21 – 25 Mei 2018 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya yang dilaksanakan di Lapangan IRTI Monas.

Di samping itu, Bank BJB juga ikut serta dalam layanan kas keliling di daerah Pondok Indah untuk tanggal 4 – 7 Juni 2018, sedangkan untuk wilayah Bandung dan sekitarnya dimulai pada tanggal 21 Mei - 7 Juni 2018 yang dilaksanakan di sejumlah tempat seperti Monumen Perjuangan Rakyat, Lapangan Tegalega, Alun-alun Ujungberung, Alun-alun Cimahi, Halaman Parkir Balaikota Bandung dan Asia Afrika.

Kemudian untuk menyesuaikan layanan selama bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri 1439 H, bank BJB pun membuka layanan weekend banking yang akan tetap beroperasi seperti biasa setiap weekend-nya dan hanya tutup pada tanggal 10, 16, 17 Juni 2018. Namun nasabah bisa menggunakan layanan non operasional kantor dengan e-channel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×