kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sisihkan THR Anda untuk Dana Darurat


Rabu, 05 Mei 2021 / 12:00 WIB
Sisihkan THR Anda untuk Dana Darurat


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Menjelang hari raya Idulfitri, tunjangan hari raya atau THR menjadi angin segar bagi para pekerja. Terlebih, di tengah pandemi Covid-19 yang membuat kebutuhan untuk memenuhi hajat hidup kian meningkat.

Sayangnya, jika tidak dikelola dengan baik, THR malah lebih mirip angin lalu. Tanpa terasa rezeki yang datang jelang Lebaran itu amblas, sebelum menimbang hal-hal yang lebih prioritas.

Menempatkan uang THR sebagai dana darurat untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk pada pekerjaan di masa pandemi juga termasuk hal yang penting dan baik. Terlebih, jika saat ini Anda belum memiliki dana darurat, uang THR tersebut dapat digunakan untuk mengisi kekosongan dana darurat tersebut.

Baca Juga: Agar Tak Sekadar Lewat, Gunakan THR Lewat Cara Ini

Dana darurat menjaga agar keuangan Anda tetap stabil di masa depan. Apabila sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat yang mengharuskan Anda mengeluarkan uang cukup banyak, Anda bisa mengatasinya tanpa harus mengganggu pos keuangan yang lain. Anda tidak perlu khawatir kesulitan membiayai kebutuhan yang lain.

Langkah pertama persiapan dana darurat adalah mengecek dan memahami kondisi keuangan Anda. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mencatat dan memetakan penghasilan dan pengeluaran rutin setiap bulan.

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah menyusun anggaran pengeluaran, termasuk anggaran untuk tabungan dan investasi.

Ketiga, sebaiknya dana darurat disimpan pada rekening khusus, yang terpisah dari rekening yang digunakan untuk keperluan sehari-hari dan rekening tabungan atau investasi.

Anda dapat menyisihkan dana darurat dengan dengan mengikuti program deposito dari J Trust Bank. Bulan ini, J Trust Bank menawarkan program bundling deposito J Trust One di mana nasabah berkesempatan meraih keuntungan kombo, dengan menikmati bunga ganda bundling berupa bunga deposito sebesar 6,50% per tahun dan tabungan 4,25% per tahun.

Program bundling deposito J Trust One dilaksanakan mulai 15 April hingga 31 Mei 2021. Nasabah eksisting maupun baru dapat mengikuti program spesial ini, yang penting dana yang disetorkan merupakan dana baru alias fresh fund.

Penempatan dana bundling tidak termasuk setoran awal pada Tabungan J Trust One. Minimum dana kepesertaan adalah Rp100 juta dengan komposisi 66% untuk deposito dan 34% untuk tabungan J Trust One. Maksimum penempatan dana pada program ini tidak terbatas.

Untuk memeroleh bunga deposito dan tabungan spesial dari program deposito J Trust One ini, dana yang disimpan pada Tabungan J Trust One akan dilakukan hold dengan jangka waktu yang sama dengan tenor deposito yang dipilih. Saat ini, ada dua pilihan jangka waktu penempatan dana para program deposito J Trust One, yakni 1 bulan dan 3 bulan.

Hasil bunga deposito dapat dibayarkan setiap bulan ke rekening Tabungan J Trust One. Adapun, ketentuan biaya administrasi bulanan pada rekening tabungan deposito J Trust One tetap berlaku. Selain itu, Tabungan J Trust One dapat digunakan sebagai rekening penampungan hasil bunga deposito.

Sebagai informasi, bunga deposito dari program deposito J Trust One hanya dapat dicairkan setelah tanggal jatuh tempo. Selain itu, terdapat resiko perubahan suku bunga tabungan karena penyesuaian kebijakan bank.

Simpanan dana nasabah berlaku peraturan sesuai kebijakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Begitu pula dengan nilai simpanan yang dijamin untuk setiap nasabah pada satu bank adalah sesuai dengan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Jika tidak ada transaksi selama 6 bulan berturut-turut, rekening nasabah dinyatakan sebagai rekening tidak aktif (dormant account) dan akan terblokir oleh sistem. Nasabah wajib datang ke cabang pembukaan rekening untuk mengaktifkan rekening kembali.

Kepesertaan program deposito J Trust One tidak dapat diperpanjang. Namun, untuk produk deposito yang telah jatuh tempo pada program ini dapat diperpanjang dengan ketentuan suku bunga standar (counter rate).

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program - program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi laman www.jtrustbank.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×