kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AC Ventures Bakal Menambah Investasi Lagi pada Tahun Ini


Minggu, 25 Februari 2024 / 06:38 WIB
AC Ventures Bakal Menambah Investasi Lagi pada Tahun Ini
ILUSTRASI. Perusahaan modal ventura AC Ventures menyebut akan menambah investasi lagi pada tahun ini.


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan modal ventura AC Ventures menyebut akan menambah investasi lagi pada tahun ini. Founder & Managing Partner AC Ventures Adrian Li menyebut hingga saat ini, telah berinvestasi di lebih dari 120 bisnis yang tersebar dalam sektor fintech, e-commerce, logistik, MSME tech, digital enablers, hingga climate tech. 

Adrian mengatakan pada awal tahun ini, AC Ventures mengumumkan penutupan terakhir dana investasi kelima, ACV Capital V L.P. (ACV Fund V), senilai total US$ 210 juta, termasuk dana co-investasi. Dia menyatakan pihaknya berencana untuk menambah sekitar 25 perusahaan lagi ke dalam portofolio perusahaan pada tahun ini.

"Dana tersebut sudah mulai diinvestasikan ke sejumlah perusahaan, seperti produsen kendaraan listrik Indonesia Maka Motors, startup pertanian berkelanjutan Koltiva, serta Simplus, dan Supermom," ungkapnya kepada Kontan.co.id, Rabu (21/2).

Baca Juga: OJK Berharap Penyaluran Pinjaman ke Sektor Produktif Terus Meningkat

Adrian menambahkan AC Ventures secara strategis tidak mengucurkan modal untuk memenuhi kuota investasi yang telah ditentukan sebelumnya. Namun, berfokus pada mengidentifikasi peluang terbaik dan perusahaan yang menjanjikan. 

"Kami memprioritaskan para pendiri yang kuat dan sesuai dengan pasar untuk mengatasi permasalahan signifikan dan mendorong dampak positif dalam skala besar. Meskipun jumlah spesifik investasi tahun ini dibandingkan tahun lalu tidak dapat segera diketahui, pendekatan kami tetap konsisten berinvestasi pada kualitas dibandingkan kuantitas," ujarnya.

Dalam memproyeksikan lintasan pertumbuhan ekosistem startup Indonesia pada 2024, Adrian menyebut pihaknya berfokus pada tiga sektor penting, yakni climate tech, fintech atau teknologi penyedia layanan untuk UMKM, serta industri yang berorientasi pada konsumen. 

Baca Juga: Investor Asing Tengah Proses Akuisisi 5 Multifinance Senilai RP 13,8 Triliun

Adrian menerangkan AC Ventures memiliki keyakinan yang kuat bahwa masa-masa sulit sering kali menghasilkan peluang investasi terbaik. Dia meyakini bahwa dana terbaru perusahaan, ACV Fund V, akan menjadi salah satu yang terbaik. 

Hal itu berkat tren demografi jangka panjang yang sedang berlangsung di Indonesia dan fundamental ekonomi yang kuat. Dia bilang kondisi tersebut menghadirkan peluang investasi yang menarik, terutama ketika sentimen investor teknologi sedang berada pada titik rendah dan ekosistem digital sudah lebih matang dari sebelumnya. 

Dalam setahun terakhir, Adrian mengatakan AC Ventures telah menemukan tim dan bisnis yang lebih berkualitas, fokus pada profitabilitas, dan memiliki valuasi yang menarik. 

"Investor mitra (Limited Partners) kami yang berpengalaman juga melihat potensi ini. Oleh karena itu, kami yakin bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengalokasikan modal ke dalam ekonomi digital Asia Tenggara melalui ACV Fund V," kata Adrian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×