kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada 4 Bank Swasta yang Siap Tebar Dividen, Cek Mana yang Paling Prospektif Dikoleksi


Selasa, 11 April 2023 / 19:34 WIB
Ada 4 Bank Swasta yang Siap Tebar Dividen, Cek Mana yang Paling Prospektif Dikoleksi
ILUSTRASI. CIMB Niaga Digital Lounge. Ada 4 Bank Swasta yang Siap Tebar Dividen, Cek Mana yang Paling Prospektif Dikoleksi.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Empat bank swasta akan membagikan dividen tahun ini. Pembayaran dividen itu seiring kinerja tahun 2022 yang mencatat lonjakan laba. Dari 4 bank swasta itu, saham apa yang prospek untuk investasi?

Pembayaran dividen saham bernilai besar akan dilakukan oleh PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga), PT Bank Permata Tbk, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN), dan PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP).

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) atau BNGA bakal membagikan dividen tunai senilai Rp 2,87 triliun (gross). Langkah tersebut telah mendapat persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Pembagian dividen tersebut setara dengan 60% dari laba bersih CIMB Niaga Finance tahun buku 2022. Di mana, pada tahun itu perseroan mencatatkan laba bersih sebesar Rp 4,78 triliun (bank only).

Baca Juga: Yield Dividen Saham ROTI Hampir 3x Bunga Deposito Bank, Cek Jadwal Pembayarannya

Presiden Direktur CIMB Niaga, Lani Darmawan, mengatakan dividen tunai tersebut akan dibayarkan pada 10 Mei 2023. Adapun sisa laba bersih tahun buku 2022 setelah dikurangi pembagian dividen tunai, dibukukan sebagai laba ditahan untuk membiayai kegiatan usaha perseroan.

"Kami berkomitmen untuk terus menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham dengan fokus strategi pada pertumbuhan bisnis yang profitable (profitable growth) dan berkelanjutan,” jelasnya kemarin.

PT Bank Permata Tbk atau PermataBank juga siap membagikan dividen tunai senilai Rp 542 miliar (gross) atau sebesar Rp 15 per saham. Langkah tersebut telah mendapat persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

 

Bank Permata menutup tahun 2022 dengan mencatatkan Laba Bersih setelah pajak sebesar Rp 2,01 triliun, tumbuh 63,5% secara tahunan atau year on year (yoy). 

Direktur Utama PermataBank, Meliza M. Rusli menjelaskan bahwa tahun 2022 merupakan saat di mana perseroan kembali memperkuat pencapaian kinerja finansial, dengan memanfaatkan momentum termasuk perbaikan perekonomian Indonesia yang menjadikan posisi PermataBank sebagai salah satu bank terdepan di Indonesia.

Baca Juga: CIMB Niaga Finance Akan Bagikan Dividen Tunai Rp 98,95 Miliar

“Di tahun 2023 ini, kami akan terus melanjutkan momentum yang telah dibangun selama 2022 untuk mencapai kinerja yang lebih baik,” ujarnya.

Selanjutnya ada PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) yang berencana membagikan dividen dari laba tahun buku 2022 sebesar Rp 1,15 triliun. Hal ini disepakati dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) Bank Danamon pada 31 Maret 2023 lalu. 

Dalam RUPST Bank Danamon menyetujui pembagian dividen 35% dari laba tahun lalu. Dividen sebesar Rp 1,15 triliun ini setara dengan Rp 118,26 per saham dengan asumsi jumlah saham yang dikeluarkan sekitar 9,77 miliar saham.

Untuk diketahui, pada tahun 2022, Bank Danamon meraup laba bersih Rp 3,3 triliun. BDMN akan menyisihkan 1% dari laba tahun lalu atau setara Rp 33,02 miliar sebagai dana cadangan. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×