kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.539.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.740   20,00   0,13%
  • IDX 7.492   12,43   0,17%
  • KOMPAS100 1.159   4,94   0,43%
  • LQ45 920   6,72   0,74%
  • ISSI 226   -0,39   -0,17%
  • IDX30 475   4,06   0,86%
  • IDXHIDIV20 573   5,12   0,90%
  • IDX80 133   0,95   0,72%
  • IDXV30 141   1,37   0,98%
  • IDXQ30 158   1,02   0,65%

Agen BRILink Jadi Ujung Tombak Penyaluran Kredit Mikro


Minggu, 03 Desember 2023 / 08:57 WIB
Agen BRILink Jadi Ujung Tombak Penyaluran Kredit Mikro
ILUSTRASI. Kontan - BRI Kilas Ultra Mikro Online. Fotografer: Muradi


Reporter: Dendi Siswanto, Harris Hadinata, Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menjadikan agen BRILink sebagai salah satu ujung tombak penyaluran layanan ultra mikro (UMi). Apalagi, agen BRILink lebih mudah menjangkau nasabah di segmen ultra mikro dan mikro.

Per September 2023, jumlah agen BRILink sudah mencapai 698.700 agen. Jumlah ini melesat 17,0% dibandingkan di periode yang sama setahun sebelumnya.

Sementara nilai transaksi di September 2023 mencapai Rp 1,16 kuadriliun. Di periode yang sama setahun sebelumnya, nilai transaksi di agen BRILink baru mencapai Rp 963 triliun.

Agen BRILink juga menyumbang dana murah cukup besar bagi BRI. Nilai current account saving account (CASA) dari agen BRILink di September 2023 mencapai Rp 20,5 triliun, naik 9,1% secara tahunan.

Yang menarik, nilai referral pinjaman melesat tajam. Per September 2023, jumlahnya mencapai 2,16 juta, melesat 258,6% dibanding periode yang sama setahun sebelumnya.

Sugiharti, agen BRILink di Desa Megulung Kidul, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, berkisah, memang banyak nasabah yang ia layani melakukan transaksi dengan jumlah terbilang kecil. Transaksi yang banyak dilakukan nasabah adalah tarik tunai, setor tunai hingga pembayaran cicilan.

Sugiharti juga melayani referral atau rekomendasi permohonan kredit mikro serta asuransi mikro bila ada nasabah yang berminat. “Tapi sejauh ini belum pernah,” tutur dia.

Sugiharti berkisah, ia telah menjadi agen BRILink sejak tahun 2019. Awalnya diajakin orang BRI, lumayan, kan, buat tambahan sambilan dari warung," ujar dia saat ditemui di kiosnya, Jumat (1/12). Kebetulan, ibu rumahtangga berusia 33 tahun ini juga merupakan nasabah BRI. 

Sugiharti mengatakan, dalam satu hari dirinya bisa melayani hingga 20 transaksi. " Paling banyak biasanya tarik tunai, soalnya mempermudah, enggak harus ke BRI, apalagi untuk orang yang sudah tua," katanya. 

Tidak hanya menambah pundi-pundi penghasilan, Sugiharti merasa banyak mendapat ilmu baru mengenai keuangan BRI. Ini dikarenakan setiap tiga bulan sekali BRI rutin memberikan pelatihan kepada para Agen BRILink, termasuk memberikan sosialisasi mengenai program-program BRI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×