kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akuisisi Home Credit Indonesia, Adira Finance Perluas Jangkauan Bisnis


Senin, 09 Oktober 2023 / 13:35 WIB
Akuisisi Home Credit Indonesia, Adira Finance Perluas Jangkauan Bisnis
ILUSTRASI. Adira Finance kini memiliki 9,8% saham Home Credit Indonesia.


Reporter: Arif Ferdianto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Bisnis pembiayaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) bakal semakin kuat. Perusahaan multifinance ini getol mengakuisisi perusahaan pembiayaan (multifinance) lain.

Baru-baru ini, Adira Finance resmi menjadi pemegang saham minoritas PT Home Credit Indonesia. Adira Finance bersama MUFG melalui Bank of Ayudhya Public Company Limited (Krungsri) sepakat mengakuisisi Home Credit dengan nilai Rp 3,4 triliun.

Direktur Keuangan Adira Finance, Sylvanus Gani Mandrofa menyatakan bahwa Adira Finance akan memiliki 9,8% saham Home Credit Indonesia. Pembayarannya telah dilakukan dengan sejak awal Oktober 2023.

“Dana pembelian akuisisi 9,8% saham Home Credit Indonesia sudah kami bayarkan di awal Oktober 2023. Pembayaran dalam euro sekitar 23,2 juta euro (sekitar Rp 384,14 miliar) hari Selasa lalu (3/10),” kata dia kepada Kontan.co.id, Jumat (6/10).

Baca Juga: Sah! Krungsri Genggam 75% Saham Home Credit Indonesia

Gani mengungkapkan bahwa transaksi akuisisi saham tersebut tidak akan banyak berdampak pada kinerja operasional atau keuangan Adira Finance. Menurut dia, akuisisi ini akan memperluas jangkauan bisnis perusahaan ke depannya.

“Transaksi ini dapat memperluas jangkauan bisnis kami dengan memanfaatkan pengetahuan terkait durables dan digitalization yang dimiliki oleh Home Credit Indonesia,” ungkap dia.

Gani menyatakan bahwa saat ini pihaknya belum memiliki rencana anorgarnik dalam waktu dekat. Namun, segala bentuk peluang terus ditingkatkan perusahaan demi pertumbuhan dan perkembangan bisnis.

Baca Juga: Adira Finance (ADMF) Kini Jadi Pemegang Saham Home Credit Indonesia

Adira Finance juga tengah memproses akusisi PT Mandala Multifinance Tbk (MFIN). Adira bakal mengantongi 10% saham leasing yang mayoritas membiayai kredit Yamaha tersebut.

Gani menuturkan bahwa transaksi akuisisi saham Mandala Finance masih menunggu proses perizinan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Belum (melakukan pembayaran akuisisi), karena kami memastikan proses perizinan dari regulator diselesaikan lebih dahulu,” tutur dia.

Sebelumnya, Gani mengatakan bahwa akuisisi Mandala Finance ditargetkan rampung pada awal tahun 2024. Tidak sendirian, Adira Finance bersama MUFG akan mengakuisisi saham MFIN ini dengan total 80,6% saham. Artinya MUFG bakal menguasai 70,6% saham MFIN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×