kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Allianz Life Dapat Peringkat AAA dari Fitch Ratings


Jumat, 22 Maret 2024 / 12:10 WIB
Allianz Life Dapat Peringkat AAA dari Fitch Ratings
ILUSTRASI. Allianz Life mendapat rating AAA dari Fitch Ratings Indonesia dengan outlook stabil. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dinobatkan oleh Fitch Ratings Indonesia sebagai perusahaan asuransi jiwa dengan Peringkat National Insurer Financial Strength (IFS) tertinggi AAA (idn), Outlook Stabil. Adapun peringkat nasional AAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Fitch Ratings dalam skala Peringkat Nasional untuk negara tersebut. 

Peringkat tersebut diberikan kepada emiten atau obligasi dengan ekspektasi risiko gagal bayar yang paling rendah dibandingkan dengan semua emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama. Disebutkan penilaian yang diberikan oleh Fitch Ratings Indonesia didasari oleh beberapa faktor, yakni dukungan grup Allianz SE. 

Sebagai bagian dari Allianz SE (IFS ‘AA’/Stabil), Allianz Life adalah salah satu entitas penting yang telah mengadaptasi prosedur dan proses dari grup, serta berbagi keahlian teknis dan sumber daya dengan grup. Adapun pemilik saham Allianz Life sebesar 99,76%, yakni Allianz Asia Pacific & Africa GmbH.

Mengenai hal itu, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia Alexander Grenz mengatakan kondisi keuangan perusahaan yang baik didukung oleh kolaborasi seluruh tim, dukungan nasabah yang telah mempercayakan pelindungan diri serta keluarga kepada Allianz.

Baca Juga: Allianz Life Telah Membayarkan Rp 132 Miliar Klaim Nasabah Bank BTPN

“Pencapaian tersebut dapat terwujud melalui strategi bisnis kami. Selain itu, strategi bisnis perusahaan didukung oleh Allianz Group dan memungkinkan Allianz Life terus berkembang serta berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (21/3).

Selain itu, Grenz menyebut faktor lain yang membuat Allianz Life dapat mendapatkan peringkat itu, yakni keberhasilan membukukan pertumbuhan Pendapatan Premi Bruto atau Gross Written Premium/GWP sebesar 7% berdasarkan Laporan Keuangan 2023 (unaudited) di tengah tantangan yang ada. 

Ditambah pendapatan premi perusahaan didukung oleh penjualan produk asuransi jiwa unitlink dan produk asuransi jiwa tradisional yang seimbang dari berbagai jalur distribusi pemasaran.

Adapun Allianz Life memiliki pangsa pasar 10% dari total premi bruto pada akhir tahun lalu. Grenz menyampaikan keuangan Allianz Life pada 2023 berada pada kondisi yang sehat dan kuat. Salah satu indikator yang mencerminkan hal ini, yakni tingkat RBC yang berada di angka 290%, atau jauh lebih tinggi dari ambang batas yang ditentukan OJK. Sepanjang 2023, Allianz Life telah membayarkan klaim dan manfaat sebesar Rp 4,3 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×