kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45867,20   12,42   1.45%
  • EMAS1.357.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Allianz Life Sebut Klaim Kesehatan Alami Peningkatan 30% pada 2023


Selasa, 13 Februari 2024 / 08:29 WIB
Allianz Life Sebut Klaim Kesehatan Alami Peningkatan 30% pada 2023
ILUSTRASI. Kantor?Allianz Indonesia di Jakarta


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) telah membayarkan klaim kesehatan kepada seluruh nasabah dengan klaim yang legitimate sebesar Rp 2,5 triliun pada 2023.

Head of Claim Support and Data Analytics Allianz Life Indonesia Tubagus Argie Sunartadirdja mengatakan nilai itu meningkat 30%, jika dibandingkan 2022. 

"Peningkatan itu salah satunya disebabkan oleh makin banyaknya perawatan dengan tindakan elektif di rumah sakit pascapandemi Covid-19. Masyarakat tidak merasa takut lagi untuk menjalani pengobatan di rumah sakit, bahkan untuk rumah sakit di luar negeri. Dengan demikian, turut mendorong peningkatan jumlah klaim yang dibayarkan," katanya kepada Kontan, Senin (12/2).

Baca Juga: Allianz Life Proyeksikan Klaim Asuransi Kesehatan Tetap Meningkat pada 2024

Tubagus menyampaikan masyarakat juga sudah mulai menyadari pentingnya memiliki asuransi kesehatan sehingga pembayaran klaim kesehatan pun ikut meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah nasabah asuransi.

Dia mengatakan faktor lain yang turut mendorong kenaikan nilai klaim kesehatan adalah inflasi medis. Tubagus menjelaskan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyatakan pada 2023, Indonesia merupakan salah satu negara Asia yang memiliki tingkat inflasi medis lebih tinggi dari negara Asia lainnya, yaitu sebesar 11%. 

"Hal itu dampak dari kenaikan biaya kesehatan yang disebabkan oleh kenaikan harga barang medis, biaya klaim asuransi yang meningkat, serta penundaan perawatan selama masa pandemi Covid-19," kata Tubagus.

Baca Juga: Direktur Asuransi Allianz: Kami Mau Mengambil Pasar Syariah di Masa akan Datang

Sementara itu, Tubagus memproyeksikan klaim asuransi kesehatan tetap akan meningkat pada tahun ini. Salah satu faktornya karena ada inflasi medis.

"Dengan demikian, terjadi penyesuaian harga di rumah sakit pascapandemi Covid-19. Meskipun demikian, fokus kami adalah senantiasa mengusahakan layanan perlindungan yang optimal bagi nasabah sesuai dengan komitmen kami untuk melindungi lebih banyak orang," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi meningkatnya klaim asuransi kesehatan tahun ini, Allianz Life akan melakukan sejumlah hal.

Tubagus bilang salah satu yang paling utama adalah membayarkan klaim yang legitimate atau sesuai indikasi perawatannya untuk memastikan manfaat proteksi yang diterima sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Allianz Group Miliki Porsi 60% Agen dari Milenial dan Gen Z

Selain itu, kata dia, Allianz Life juga akan menambah jumlah rekomendasi rumah sakit dengan menggunakan utilisasi yang sesuai untuk memaksimalkan tujuan Allianz dalam melindungi nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×