kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   -10,56   -1.11%
  • EMAS926.000 -0,32%
  • RD.SAHAM 0.35%
  • RD.CAMPURAN 0.29%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.05%

Amartha targetkan salurkan pinjaman sebesar Rp 2,5 triliun hingga akhir tahun


Kamis, 28 Oktober 2021 / 22:15 WIB
Amartha targetkan salurkan pinjaman sebesar Rp 2,5 triliun hingga akhir tahun

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu fintech lending, PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) menargetkan dapat menyalurkan pendanaan sebanyak Rp 2,5 triliun hingga akhir tahun ini. Per September 2021, Amartha telah menyalurkan pendanaan sebesar Rp 1,6 triliun.

Tak hanya itu, Amartha juga menargetkan bisa menjangkau satu juta borrower sampai akhir tahun di seluruh Indonesia. Asal tahu saja, saat ini Amartha sudah menjangkau lebih dari 850.000 perempuan pengusaha mikro di lebih dari 18.900 desa di Indonesia.

Adapun, total dana yang disalurkan Amartha itu salah satunya ditopang oleh penyaluran dana di daerah Sumatera. Di wilayah tersebut, total penyaluran pendanaan mencapai Rp 785 miliar di September 2021 meningkat lebih dari 190% jika dibandingkan penyaluran di sepanjang tahun 2020 yakni sebesar Rp 269 miliar. 

Hadi Wenas sebagai Chief Commercial Officer Amartha bilang kalau keputusan ekspansi ke luar pulau Jawa, salah satunya Sumatra merupakan keputusan yang tepat, karena performa bisnis di luar pulau Jawa justru mendominasi pertumbuhan bisnis Amartha di tahun 2021 ini, sehingga menghasilkan performa keuangan yang sehat dan stabil. 

Baca Juga: Amartha catatkan pertumbuhan bisnis tiga kali lipat di Sumatera pada 2021

"Strategi untuk memperluas penyaluran pendanaan ke luar pulau Jawa merupakan wujud dukungan Amartha terhadap peraturan OJK, yang mengimbau perusahaan fintech untuk menyalurkan pendanaan ke luar pulau Jawa," ujar Wenas dalam keterangan resminya, Kamis (28/10).

Melihat pertumbuhan bisnis yang signifikan di pulau Sumatra, Amartha menargetkan untuk dapat menyalurkan pendanaan sebesar Rp 1 triliun hingga akhir 2021. Meskipun tersisa dua bulan hingga akhir tahun, Wenas pun optimis target tersebut dapat tercapai.

“Kami yakin target penyaluran pendanaan untuk wilayah Sumatera ini bisa terealisasi. Terlebih, dengan pertumbuhan signifikan di tahun 2021 ini, Amartha membuka peluang yang besar bagi lender institusi untuk bersama-sama mendongkrak UMKM wilayah Sumatera melalui Amartha,” imbuh Wenas.

Tahun depan, Amartha berencana akan melakukan ekspansi ke pulau Bangka Belitung. Tak hanya itu, Mereka juga akan membuka 120 poin tambahan khusus wilayah Sumatera. “Kalau tahun depan kondisi pandemi sudah membaik, kami optimis pertumbuhan bisnis di Sumatera akan lebih melesat lagi dari tahun ini”, pungkas Wenas

Selanjutnya: Crowdo luncurkan produk pendanaan bagi perempuan

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

[X]
×