kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.926.000   -27.000   -1,38%
  • USD/IDR 16.520   -20,00   -0,12%
  • IDX 6.833   5,05   0,07%
  • KOMPAS100 987   -1,19   -0,12%
  • LQ45 765   1,61   0,21%
  • ISSI 218   -0,33   -0,15%
  • IDX30 397   1,17   0,30%
  • IDXHIDIV20 467   0,48   0,10%
  • IDX80 112   0,13   0,12%
  • IDXV30 114   0,08   0,07%
  • IDXQ30 129   0,38   0,29%

Anti Loyo, Bunga Deposito Jumbo ada di Krom Bank


Jumat, 09 Mei 2025 / 12:14 WIB
Anti Loyo, Bunga Deposito Jumbo ada di Krom Bank
ILUSTRASI. Krom Bank sajikan fitur keuangan untuk kelola dana nasabah. 


Reporter: Nina Dwiantika | Editor: Nina Dwiantika

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Gempuran penawaran bunga deposito tinggi dari bank digital bikin Oginawa (36 tahun) sumringah. Pasalnya, Oginawa karyawan swasta di Jakarta bisa menikmati imbal hasil lebih tinggi dari penempatan dananya di bank.

Sejak satu tahun terakhir, Ogi mulai mempercayakan bank digital sebagai tempat untuk menyimpan uang hingga kebutuhan transaksi perbankan. Tak seperti bank pada umumnya, bank digital punya gimmick tersendiri yang sukses meraih hati nasabah untuk menyimpan dana di bank digital.

Tak kenal maka tak sayang, saat ini bank digital memiliki layanan keuangan yang user friendly. Ada sederet jurus dari bank digital untuk memanjakan nasabahnya, diantaranya imbal hasil bunga deposito yang tinggi dibandingkan bank konvensional, jangka waktu penempatan dana yang lebih fleksibel, serta bebas biaya admin dan biaya transfer.

“Kelebihan menyimpan dana di bank digital adalah mereka punya banyak pilihan jatuh tempo untuk depositonya mulai dari 14 hari, 1 minggu, 1 bulan, sampai 1 tahun,” tutur Ogi, Jumat (9/5). Bagi generasi muda, jangka waktu penempatan dana yang lebih pendek seperti tenor 14 hari dan 1 bulan terbilang lebih fleksibel dalam mengelola keuangan.

Untuk turut merasakan sensasi itu, PT Krom Bank Indonesia Tbk (Krom Bank) menawarkan bunga simpanan lebih tinggi, yaitu bunga hingga 8,75% untuk deposito dan bunga 6% untuk tabungan. Dalam penempatan dana, Krom Bank punya fleksibilitas tenor deposito harian, mulai dari 14 hingga 180 hari, juga memungkinkan pencairan dana dilakukan kapan saja sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Tidak hanya tenor pendek,  dalam melayani nasabah Krom Bank melakukan penambahan pilihan tenor selama 12 bulan dengan bunga yang kompetitif. Jika tidak ada aral melintang, mulai 4 Juni 2025 nanti, Krom bank menawarkan simpanan deposito dengan pilihan 5 jangka waktu, yakni mulai dari 14 hari, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan dengan suku bunga yang kompetitif.

Bunga Deposito Krom Bank

Tenor

Suku Bunga Deposito Yang Berlaku Saat Ini pada Aplikasi Krom

Suku Bunga Deposito Yang Akan Berlaku per Tanggal 4 Juni 2025

Saldo Rp100.000 – Rp5.000.000

Saldo > Rp5.000.000

14 Hari

6,25% p.a.

7,00% p.a.

7,00% p.a.

1 Bulan

6,50% p.a.

7,25% p.a.

7,25% p.a.

3 Bulan

7,50% p.a.

8,50% p.a.

8,25% p.a.

6 Bulan

8,00% p.a.

8,75% p.a.

8,50% p.a.

12 Bulan

8,75% p.a.

Baca Juga: Semua Transaksi Dalam Satu Aplikasi di Krom Bank

Agar tidak terbebani biaya admin, Krom Bank juga menawarkan bebas biaya admin bulanan, sehingga nasabah dapat menumbuhkan aset tanpa beban tambahan. Hal ini akan membantu nasabah dalam mengelola dan menumbuhkan uang mereka secara maksimal tanpa ada biaya “bocor alus” dari biaya admin.

Anton Hermawan, Presiden Direktur Krom Bank mengatakan, generasi muda perlu mengubah strategi keuangan mereka. Tidak hanya sekedar menabung, tetapi menempatkan dana di bank sekaligus menumbuhkan aset secara berkelanjutan. Untuk itu, Krom Bank melihat bahwa solusi inovatif dari bank digital menjadi inklusi keuangan oleh semua lapisan masyarakat, dari tawaran itu dapat menjadi kunci untuk membantu generasi muda dan kelas menengah dalam menghadapi tekanan ekonomi, dan memperkuat fondasi keuangan di masa mendatang.

Sejalan dengan itu, kehadiran bank digital mulai dapat perhatian. Krom Bank,layanan perbankan digital bagian dari Kredivo Group mencatatkan peningkatan jumlah deposito nasabah sebesar 41,6% pada Maret 2025 secara year to date (ytd). Data itu menggambarkan bahwa produk deposito bank digital kini makin diminati oleh masyarakat.

Perencana Keuangan Finansia Consulting, Eko Endarto mengatakan, saat bank digital berlomba-lomba menawarkan bunga simpanan tinggi menjadi peluang emas untuk memanfaatkan imbal hasil yang lebih tinggi. Tak perlu khawatir soal tingkat keamanan, selama bank digital tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tedaftar di Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) maka dana nasabah terjamin.

Terlebih di tengah ketidakpastian ekonomi ini, Eko menyarankan untuk menyimpan dana di deposito dan tabungan. Sebab produk deposito dan tabungan menjadi wadah penempatan dana paling aman dan likuid saat ekonomi global sedang tidak dinamis karena ada potensi perang dagang, ketegangan geopolitik, serta fluktuasi pasar keuangan.

Gen Z pilih Bank Digital

Sejak tahun 2019, bank digital mulai membanjiri industri perbankan dan keuangan di Tanah Air. Dengan menonjolkan layanan berbasis digital yang digital savvy, banyak generasi muda telah menjajal untuk bertransaksi lewat bank digital

Menurut studi dari Populix tahun 2024 lalu mengungkapkan, bahwa lebih dari 50% generasi Z dan Y menggunakan bank digital untuk transaksi, dan sebesar 36% yang menggunakannya untuk menabung.

Tidak mau berpangku tangan, dalam menanggapi fenomena ini, Krom Bank sebagai salah satu pelaku perbankan digital ingin porsi menabung di bank digital lebih tinggi. Sejak awal Krom bank telah merancang produk dan layanan perbankan digital lebih ringkas, tidak hanya mampu menjadi solusi yang relevan dengan gaya hidup dan kebutuhan generasi muda, namun juga membantu dalam menabung dan investasi menjadi lebih seamless

Dengan alasan itu, Krom Bank menciptakan tiga produk keuangan dalam satu aplikasi. Nah, produk Krom Bank ini terdiri dari Tabungan Utama merupakan tabungan yang dilengkapi dengan nomor rekening dan dapat menjadi sumber dana transaksi. Kemudian ada Tabungan, fitur utnuk mengalokasian dana sesuai tujuan keuangan, dan Deposito untuk menhelola keuangan yang lebih jangka panjang.

Lebih fleksibel dan ramah di kantong. Di Krom Bank, tenor dapat dipilih mulai dari 14 hingga 180 hari dengan setoran awal minimal Rp 100.000, serta fasilitas pencairan awal tanpa denda, sehingga tak perlu khawatir apabila membutuhkan dana darurat.

Selain itu, pos deposito yang mungkinkan pengelolaan keuangan lebih terarah. Biasanya, bank digital memiliki fitur untuk membuka beberapa pos deposito sekaligus. Di Krom Bank, fitur ini tersedia hingga 20 pos deposito, sehingga memudahkan nasabah mengalokasikan dana sesuai dengan tujuan finansial  masing-masing. 

Keunggulan lainnya yang ada di Krom Bank adalah kemudahan akses dan pengelolaan. Seluruh proses pembukaan hingga pencairan deposito dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking, tanpa perlu mengunjungi kantor cabang. Tak hanya itu, pencairan dana deposito pun diterima nasabah dalam hitungan menit, lebih cepat dibandingkan instrumen keuangan lainnya. Hal ini akan bantu nasabah kelola keuangan mereka secara lebih praktis dan fleksibel

Tak dapat dipungkiri, langkah industri bank digital masih berada pada tahap awal, namun Krom Bank melihat bahwa bank digital perlu memiliki unique value proposition untuk lebih menarik target market dan unggul di pasar. Oleh karena itu, Krom Bank tidak hanya menawarkan suku bunga deposito yang tinggi, tetapi juga fokus menghadirkan fleksibilitas fitur dan layanan. Hal ini akan membuat nasabah lebih nyaman bertransaksi dan mengelola keuangan di bank digital serta lebih loyal terhadap layanan perusahaan.

Anton bilang, fleksibilitas merupakan hal krusial bagi generasi muda dalam memilih layanan keuangan, lantaran fleksibilitas mampu menjawab kebutuhan generasi muda yang mengutamakan kemudahan dan kecepatan. Sesuai dengan jati diri, generasi muda juga cenderung memilih layanan keuangan yang dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan mereka.

Jaga keamanan

Trust atau kepercayaan menjadi alasan utama saat orang menempatkan dana mereka di bank. Tidak hanya sekedar iming-iming bunga tinggi, keamanan dana dan data menjadi faktor penting untuk membangun dan mempertahankan kepercayaan nasabah, terutama generasi muda yang semakin kritis dalam hal keamanan bertransaksi digital.

Oleh karena itu, Krom Bank fokus pada dua strategi untuk menjaga keamanan dana nasabah. Pertama, komitmen perusahaan untuk selalu membukukan laba yang positif. Dan kedua menjaga likuiditas perusahaan dengan menyeimbangkan jumlah modal, dana pihak ketiga (DPK) hingga penyaluran kredit. 

Selain itu, sebagai bank yang telah berizin dan diawasi oleh OJK, Krom Bank juga berkomitmen untuk terus memprioritaskan keamanan data nasabah, melalui penerapan standar ISO 27001:2022, risk management plan dan disaster recovery yang diuji dan di-review secara berkala, enkripsi tingkat tinggi berbagai data nasabah, dan penerapan PIN, password, dan OTP yang memperkuat setiap transaksi.

Anton menyampaikan,setiap transaksi nasabah dilindungi oleh protokol keamanan berlapis, termasuk penggunaan PIN, OTP, dan password. Langkah tersebut untuk mencegah akses tidak sah ke aplikasi maupun transaksi. Dengan pendekatan ini, nasabah tidak perlu khawatir akan aspek keamanan ketika menggunakan layanan deposito di Krom Bank,” tambahnya Anton. 

Meskipun menghadapi berbagai tantangan, industri bank digital diyakini memiliki potensi pertumbuhan yang besar ke depannya. Anton bilang, Krom Bank optimis bahwa kedepan industri bank digital ini akan semakin berkembang, terlebih saat ini jumlah bank digital di Indonesia terus bertambah. Krom Bank percaya bahwa dengan makin banyaknya jumlah bank digital, masyarakat dapat lebih terbantu dalam mengelola keuangan dan meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. 

Sebagai bagian dari Kredivo Group, Krom Bank berkomitmen untuk terus tumbuh. Di akhir tahun 2024, total aset Krom tumbuh 83% menjadi Rp 6,65 triliun, serta ekspansi kredit yang naik 131% menjadi Rp 4,25 triliun, pertumbuhan kredit didorong oleh lonjakan dana pihak ketiga dan optimalisasi perluasan layanan berbasis teknologi digital. 

Tak hanya itu, simpanan dana Krom Bank meningkat hampir sembilan kali lipat menjadi Rp 3,16 triliun pada akhir tahun 2024. Kinerja ini didorong oleh pertumbuhan pada simpanan berbasis tabungan dan deposito. Selain itu, di tengah strategi ekspansi yang agresif, Krom Bank mampu mencatatkan laba bersih sebesar Rp 124 miliar yang relatif stabil dibanding tahun sebelumnya dikarenakan perusahaan meningkatkan rasio pencadangan.

Ringkasan Kinerja Krom Bank 2024

Indikator kinerja

Periode yang Berakhir pada 31 Desember

YoY

2024

2023

Pendapatan bunga bersih

Rp 965 miliar

Rp 429 miliar 

Naik 125% -  strategi intermediasi efektif

Pertumbuhan kredit

Rp 4,25 triliun

Rp 1,83 triliun

Naik 131% - portofolio pembiayaan naik pesat

Dana Pihak Ketiga

Rp 3,16 triliun

Rp 348 miliar

Naik 809% – peningkatan kepercayaan nasabah yang signifikan

Rasio Cost to Income (CIR) 

18,07%

23,69%

Meningkat – efisiensi operasional di tengah ekspansi

Net Interest Margin (NIM)

20,01%

13,58%

Tinggi – margin intermediasi optimal 

Selanjutnya: Pemerintah AS Instruksikan NASA untuk Mengembangkan Sistem Zona Waktu di Bulan

Menarik Dibaca: Ekonom Sarankan Ini Agar Kinerja Waskita Optimal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Cara Praktis Menyusun Sustainability Report dengan GRI Standards Strive

[X]
×