kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ASEI sambut baik beleid ekspor dengan sistem CIF


Selasa, 11 Maret 2014 / 20:53 WIB
ASEI sambut baik beleid ekspor dengan sistem CIF
ILUSTRASI. Berapa lama kucing menyusui anak-anaknya


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Perusahaan asuransi yang bergerak di bidang asuransi marine cargo dan asuransi ekspor boleh tersenyum lebar. Sebab, saat ini pemerintah lewat Menteri Keuangan mengeluarkan peraturan sistem ekspor baru.

Dalam beleid itu diatur mengenai penerapan mekanisme pencatatan ekspor dengan metode cost, insurance, and freight (CIF) dari mekanisme sebelumnya yang menggunakan Free on Board (FOB).

Dengan adanya mekanisme pencatatan ekspor baru ini, diharapkan bisa memacu pertumbuhan industri pelayanan, asuransi, dan logistik.

Direktur Keuangan Asuransi Ekspor Indonesia (ASEI), Syamsuddin bilang, jika aturan baru diterapkan, maka bisa mendorong kinerja asuransi ekspor dan marine cargo nasional.

Menurutnya, adanya peraturan baru itu akan membuat perusahaan asuransi ekspor dan marine cargo tumbuh lebih besar.

"Lumayan sebetulnya kalau diterapkan, lumayan secara nasional bagi asuransi kargo dan bagi ASEI juga. Peraturan ini sangat memberikan peluang bisnis bagi AseI," ujarnya.

Syamsuddin menambahkan, sebelum diberlakukannya aturan baru itu, asuransi marine cargo di ASEI hanya tumbuh 5%-10% tahun lalu.

Dengan adanya peraturan ini, asuransi marine cargo ditargetkan tumbuh hingga 16% dari total pendapatan premi di ASEI. Sedangkan dari sisi share ASEI, diharapkan sektor marine cargo bisa tumbuh lebih dari 30%.

Target pendapatan premi ASEI tahun ini sebesar Rp 1,3 triliun yang berarti diharapkan bertumbuh sebesar 20% dari total pendapatan tahun lalu yang sebesar Rp 1,08 triliun (audited).

Untuk bisa mencapai target itu, ASEI kembali meluncurkan produk baru yang merupakan gabungan dari produk marine cargo dan produk asuransi ekspor.

Syamsuddin menjelaskan, dahulu antara produk ekspor dengan marine cargo terpisah, namun sekarang ada rencana untuk menggabungkan dua produk tersebut.

Rencananya produk ini akan diluncurkan sekitar bulan April dan saat ini sudah mulai ditawarkan kepada para eksportir sambil menunggu keluarnya izin dari OJK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×