kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,51   -5,84   -0.63%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Atasi pinjol ilegal, pemerintah sebaiknya mulai bangkitkan koperasi simpan pinjam


Rabu, 24 November 2021 / 17:00 WIB
Atasi pinjol ilegal, pemerintah sebaiknya mulai bangkitkan koperasi simpan pinjam
ILUSTRASI. Atasi pinjol ilegal, pemerintah sebaiknya mulai bangkitkan koperasi simpan pinjam . ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Maraknya pinjaman online (pinjol) ilegal seharusnya menjadi momentum untuk mengembalikan ke model ekonomi koperasi. Semestinya pemerintah kembali membangkitkan ekosistem perkoperasian nasional yang sehat dan menghapus stigma-stigma buruk soal koperasi. 

Sebab sistem koperasi yang berasaskan kekeluargaan akan cocok dengan karakteristik masyarakat Indonesia. Sekretaris Bidang Perbankan Syariah Dewan Syariah Nasional (DSN) dan Pengamat Finansial Teknologi Muhammad Maksum  mengatakan, koperasi adalah lembaga keuangan yang paling cocok dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang mengedepankan azas kekeluargaan. 

"Pembiayaan berbasis komunitas seperti koperasi sangat cocok buat masyarakat Indonesia. Karena berbasis komunitas, salah satu mitigasi risiko adalah adanya kewajiban tanggung renteng untuk menanggung risiko terjadinya kerugian," ujar Maksum. Kecuali ia menambahkan ada tindakan pidana atau tindakan penyalahgunaan kewenangan. 

Baca Juga: Pemerintah berkomitmen mendorong pemberdayaan UMKM agar naik kelas

Maksum juga berharap pemerintah membina dan mengawasi agar sebuah koperasi menjadi koperasi sehat. Kecuali jika sudah terkait dengan masalah hukum, itupun kalau ada kaitannya dengan peran pemerintah, pemerintah tetap harus masuk. 

Menurut Maksum, sistem perkoperasian nasional bisa menjadi solusi di tengah kelesuan ekonomi akibat pandemi. Jikapun ada koperasi yang mengalami kesulitan atau masalah, pemerintah harus turun tangan untuk membenahi, agar kepercayaan masyarakat terhadap koperasi bisa terjaga. 

Ketua Asosiasi Kader Sosio-Ekonomi Strategis (AKSES) Suroto menyebut, Indonesia menjadi pemilik koperasi dengan jumlah terbanyak di dunia. Jumlahnya pernah mencapai 212. 339 koperasi pada tahun 2015.

Tapi isinya didominasi koperasi papan nama. Kondisi tersebut tak hanya merusak citra koperasi, tapi masyarakat jadi tidak tahu mana koperasi yang benar dan mana yang salah. "Ibarat koperasi itu pohon jati, keberadaanya tertutup oleh semak belukar tidak karu karuan. Koperasi akhirnya pertumbuhanya jadi terus memburuk," ucap Suroto. 

Baca Juga: Dukung bisnis, BNI digitalkan UMKM dan koperasi lewat jaringan agen

Berdasarkan Online Data System (ODS) Kemenkop dan UKM, jumlah koperasi aktif pada akhir tahun 2020 sebanyak 127.124 unit, naik dibandingkan data di akhir tahun 2019 sebanyak 123.048 unit.

Suroto berharap, Kementerian Koperasi berani melakukan aksi bersih-bersih koperasi dari rentenir berbaju koperasi atau koperasi abal-abal agar dapat mengembalikan citra koperasi sebagai lembaga keuangan yang dekat dan kembali dipercaya masyarakat. 

Sikap diam otoritas ini membuat kasus-kasus pengemplangan dana anggota koperasi kerap berulang saban tahun. "Banyak koperasi palsu dan abal-abal yang merugikan masyarakat berulang ulang dan terus muncul seperti fenomena gunung es," kata Suroto. 

Deputi Bidang Perkoperasian Kemenkop-UKM Ahmad Zabadi menuturkan, pihaknya saat ini tengah menginventarisir koperasi bermasalah. Menurut dia, biasanya koperasi bermasalah muncul karena tidak diterapkannya nilai dan prinsip dasar koperasi serta penyalagunan dana simpanan anggota yang ditempatkan di investasi. 

Zabadi mengemukakan, dari banyak perkara menyangkut koperasi, beberapa diantaranya berujung dengan PKPU dan mendapatkan penetapan vonis dari Pengadilan Niaga, seperti KSP Indosurya, KSP Lima Garuda, KSP Pracico Inti Sejahtera dan KSP Sejahtera Bersama.  

Baca Juga: LPDB-KUMKM salurkan pembiayaan Rp1,2 triliun kepada 163 koperasi




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×