kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45974,33   -17,61   -1.78%
  • EMAS991.000 0,71%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Bakal Dicaplok Hanwha, Lippo Insurance (LPGI) Bakal Tingkatkan Modal Disetor


Rabu, 22 Juni 2022 / 18:18 WIB
Bakal Dicaplok Hanwha, Lippo Insurance (LPGI) Bakal Tingkatkan Modal Disetor
ILUSTRASI. Asuransi Lippo Insurance, LippoInsurance, dari PT Lippo General Insurance Tbk (LPGI). Foto Dok LippoInsurance


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Lippo General Insurance Tbk (LPGI) bakal meningkatkan modal disetor menjadi senilai Rp 150 miliar. Ini menyusul bakal berubahnya pemegang saham pengendali dengan masuknya Hanwha General Insurance (HGI) dan Hanwha Life Insurance Indonesia (HLII).

Peningkatan modal disetor dilakukan karena kewajiban dari POJK 67/2016 dimana perusahaan harus menyesuaikan modal disetor menjadi Rp 150 miliar ketika hendak melakukan perubahan kepemilikan.

Jika melihat dari laporan keuangan perusahaan di kuartal I/2022, perusahaan memiliki modal ditempatkan dan disetor senilai Rp 75 miliar dengan jumlah saham sebanyak 150 juta lembar saham.

Adapun, skema yang dipilih perusahaan untuk meningkatkan modal disetor tersebut ialah dengan skema pembagian saham. Perusahaan menegaskan akan memperhatikan seluruh peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Meski Laba Turun, Sinarmas MSIG Life (LIFE) Bakal Bagikan Dividen Rp 71 Miliar

“Perseroan memilih untuk melakukan skema pembagian saham bonus setelah mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain faktor proses dan biaya,” tulis manajemen dalam keterbukaan informasinya, Rabu (22/6).

Adapun, manajemen melihat jika opsi yang dilakukan ialah Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) bakal memakan banyak waktu untuk prosesnya. Ditambah biaya yang dikeluarkan pun akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan skema pembagian saham bonus.

“Juga berpotensi mengakibatkan dilusi bagi para pemegang saham yang tidak berpartisipasi,” pungkas manajemen.

Sebagai informasi, HLII dan HGI telah menyetujui untuk mengambil alih PT Lippo General Insurance (LPGI). Pengambilalihan tersebut melalui pembelian saham yang saat ini dimiliki oleh PT Inti Anugerah Pratama (IAP) dan PT Star Pacific Tbk (LPLI).

Baca Juga: Klaim Asuransi Kredit Membengkak pada Awal Tahun Ini

HLII akan membeli sejumlah saham milik IAP di perseroan yang mewakili 42,79% dari seluruh saham yang diterbitkan oleh perseroan, dan sejumlah saham milik Lippo General Insurance di perseroan yang mewakili 4,90% dari seluruh saham yang diterbitkan oleh perseroan.

Sementara, HGI akan membeli sejumlah saham milik LPLI di perseroan yang mewakili 14,9% dari seluruh saham yang diterbitkan oleh perseroan. Total nilai transaksi keduanya mencapai Rp 372,2 miliar atau setara dengan 38,69% dari ekuitas Lippo Insurance per Desember 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×