kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Aladin & Facebook bantu UMKM tingkatkan literasi keuangan dan digital


Jumat, 20 Agustus 2021 / 21:15 WIB
Bank Aladin & Facebook bantu UMKM tingkatkan literasi keuangan dan digital


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Aladin Syariah Tbk bersama Facebook Indonesia melakukan inisiatif bersama untuk melebarkan literasi dan inklusi keuangan serta mendorong digital di Indonesia, terutama untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Hal itu ditujukan untuk mendorong pelaku UMKM bisa terus bertumbuh. Inisiatif tersebut dilakukan dengan menggelar webinar bertajuk The New Era of Financial Inclusion: Leveraging Technology and Sharia Compliance.

Country Director Facebook di Indonesia, Pieter Lydian menyampaikan bahwa selama pandemi Covid-19 melanda dunia, banyak sekali pelaku UMKM yang mengalihkan usaha mereka ke ranah digital agar usaha mereka dapat tetap berjalan. 

“Kami terinspirasi dengan semangat pelaku UMKM untuk terus bertahan dan bertumbuh. Karena itu kami mendukung acara yang diselenggarakan oleh Bank Aladin hari ini agar semakin banyak pelaku UMKM di Indonesia dapat meningkatkan kemampuan digital mereka,” ujar Peter siaran persnya, Jumat (20/8).

Baca Juga: Meski ada PPKM, penyaluran pinjaman fintech di luar Jawa tetap moncer

Dengan peningkatan inklusi keuangan serta kemampuan digital, pelaku UMKM akan mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan teknologi digital. Dengan infrastruktur teknologi yang dimilikinya, Facebook melihat hal ini akan bermanfaat dalam pertumbuhan bisnis pelaku UMKM.

“Khususnya di Facebook, Instagram, dan WhatsApp, untuk pertumbuhan bisnis mereka. Tentunya inisiatif Bank Aladin dan Facebook ini akan berjalan secara berkesinambungan,” tambah Pieter.

Pieter menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Bank Aladin. Pihaknya mendukung inisiatif berkesinambungan yang dilakukan oleh Bank Aladin untuk membantu UMKM melakukan proses transformasi digital. 

Menurutnya, saat bank telah  bertransformasi secara digital menuju industri 4.0 maka bank tersebut akan membawa calon-calon nasabah dan stakeholder lainnya untuk menuju ranah digital juga.

Pieter juga percaya bahwa inisiatif yang dilakukan Bank Aladin dapat mendorong UMKM untuk meningkatkan kemampuannya serta dapat lebih cepat beradaptasi dengan perkembangan digital.  Dalam upaya bersama-sama tersebut, lanjutnya, Bank Aladin bisa  mendorong literasi keuangan sementara Facebook bisa mendorong literasi digital.

Baca Juga: Ekonom: Kobalorasi berpeluang bikin bank syariah tumbuh hingga 6 kali lipat

Sementara Direktur Operasional Bank Aladin Syariah, Basuki Hidayat  menyampaikan bahwa landasan awal dilakukannya inisiatif ini adalah untuk membantu pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19. 

Hal ini, lanjut Basuki, sejalan dengan visi dari Bank Aladin sebagai Bank Syariah Masa Depan, yang terus berupaya untuk melakukan inovasi di dalam memberikan layanan jasa perbankan digital untuk Indonesia, termasuk dalam inisiatif ini yang dapat meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.“Inisiatif ini merupakan perjalanan awal antara Bank Aladin Syariah dengan Facebook,” pungkasnya.

Selanjutnya: Laba melonjak 200%, KB Bukopin (BBKP) justru catat NPL di level 8,56% pada Juni 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×