kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.526.000   -2.000   -0,13%
  • USD/IDR 16.240   -40,00   -0,25%
  • IDX 7.037   -29,18   -0,41%
  • KOMPAS100 1.050   -5,14   -0,49%
  • LQ45 825   -5,35   -0,64%
  • ISSI 214   -0,85   -0,40%
  • IDX30 423   -1,15   -0,27%
  • IDXHIDIV20 514   0,87   0,17%
  • IDX80 120   -0,69   -0,57%
  • IDXV30 125   1,36   1,09%
  • IDXQ30 142   0,26   0,18%

Bank BNI targetkan kredit konsumer tumbuh 10% di tahun ini


Selasa, 06 Agustus 2019 / 22:03 WIB
Bank BNI targetkan kredit konsumer tumbuh 10% di tahun ini


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kredit konsumer perbankan di semester I 2019 terpantau masih lesu. Lihat saja, Bank Indonesia (BI) mencatat kredit konsumer hanya tumbuh 7,7% secara year on year (yoy). Padahal pada tahun sebelumnya, segmen kredit mampu tumbuh sebesar 10,6% yoy. 

Sejumlah bankir yang dihubungi Kontan.co.id juga mengamini hal tersebut. Salah satunya, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) yang mencetak pertumbuhan kredit konsumer satu digit yakni sebesar 8,3% yoy menjadi Rp 81,71 triliun. 

Praktis, capaian ini jauh di bawah pencapaian di semester I 2018 yang masih mampu tumbuh 12,6% yoy. 

Baca Juga: Disebut manipulator mata uang, China intervensi pelemahan yuan

Direktur Retail Banking BNI Tambok P. Setyawati menjelaskan perlambatan itu dikarenakan kredit kepegawaian (payroll loan) yakni BNI Fleksi tumbuh lebih rendah secara tahunan.

Memang, BNI Fleksi per akhir Juni 2019 tumbuh 12,8% yoy menjadi Rp 24,51 triliun. Padahal, tahun lalu BNI Fleksi mampu tumbuh 50,8% yoy. "Karena kami lebih selektif dalam penyaluran guna mencapai pertumbuhan yang berkualitas," ujarnya, Selasa (6/8).

Namun, di semester II 2019 bank berlogo 46 ini mengaku lebih optimis pertumbuhan kredit konsumer akan lebih bergairah. Malah, Tambok meyakini secara total, kredit konsumer BNI masih berpeluang untuk tumbuh minimal 10% tahun ini. 

Baca Juga: Sempat melemah, harga emas spot mantul lagi menjadi US$ 1.467,24 per ons troi

Salah satu strategi yang digarap, yakni melalui penerapan proses digital dalam pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR) alias BNI Griya maupun BNI Fleksi. "Sehingga coverage pemasaran lebih luas dan lebih mudah diakses dan cepat prosesnya," tuturnya. 

Di samping itu, sinergi dengan perusahaan anak juga akan dioptimalkan oleh perseroan dalam penyaluran kredit konsumer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×