kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank BTN Dorong UMKM untuk Bisa Go Digital


Rabu, 11 Oktober 2023 / 09:51 WIB
Bank BTN Dorong UMKM untuk Bisa Go Digital
ILUSTRASI. BTN melalui unit usaha syariahnya mengandeng BP Tapera melakukan akad massal KPR syariah serentak di Indonesia sebanyak 2.300 unit


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan dukungan terhadap pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Perseroan mendorong para pelaku UMKM untuk bisa go digital.

Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan menggelar  workshop dan pameran UMKM Go Digital di Jepara, Jawa Tengah, Selasa 10 Oktober 2023. Acara tersebut diikuti 250 pelaku UMKM di Kota Jepara dan sekitarnya. 

Direktur Consumer Bank BTN, Hirwandi Gafar mengatakan, sebagai perusahaan pelat merah, BTN memiliki tanggung jawab untuk berperan serta secara aktif dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik. 

"Di tengah gencarnya ekonomi digital, BTN merangkul para pelaku UMKM untuk terus mengembangkan bisnisnya, agar dapat beradaptasi dengan baik," kata dia dalam keterangan resminya, Rabu (11/10).

Baca Juga: Genjot Penyaluran Kredit Mikro, Ini Strategi yang Dilakukan BRI

Ia bilang, BTN hingga saat ini telah melakukan berbagai program untuk mendukung para pelaku UMKM, seperti mendirikan Sentra Proses UMKM seperti rumah BUMN BTN yang tersebar di berbagai daerah seperti Medan, Brebes, Palembang, Palopo dan kota lainnya, serta memfasilitasi UMKM untuk dapat menembus pasar global.

Pengembangan ekonomi digital diharapkan akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu, workshop dan pameran UMKM Go Digital tersebut ditujukan untuk  mengembangkan potensi UMKM daerah Jepara agar bisa beradaptasi terhadap pasar digital.

Bank BTN mendukung program pemerintah dalam mengembangkan UMKM melalui pemberian fasilitas kredit UMKM, Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan Pendanaan Usaha Mikro & Kecil (PUMK).

UMKM yang didukung BTN terkait dengan bisnis intinya yakni bank dengan fokus ke segmen perumahan. Bank BTN saat ini tercatat sebagai pemimpin pasar di sektor kredit perumahan dengan pangsa pasar 39,1%.

Baca Juga: Bank BTN Naikkan Anggaran Pengembangan Talenta Digital Sekitar 7% Tahun Ini
 
Sektor perumahan memiliki keterkaitan dengan 178 industri sebagai pendorong perekonomian nasional, termasuk bisnis UMKM di dalamnya.

Per 30 September 2023, Bank BTN telah berhasil menyalurkan pembiayaan UMKM sebesar Rp 3,5 triliun. Untuk wilayah yang mencakup Kab. Jepara (Kanwil 6), Bank BTN memiliki jumlah debitur yang mencapai 1.188 dengan total penyaluran KUMKM sebesar Rp 335 miliar. 

"Bank BTN senantiasa berupaya untuk memperluas penyaluran kredit demi mendukung ekspansi bisnis setiap UMKM. Selain dukungan pendanaan, program layanan edukasi digitalisasi UMKM diharapkan dapat menjadi bentuk nyata dukungan BTN dalam pengembangan bisnis UMKM," pungkas Hirwandi.

Sementara itu, Praktisi Digital Marketing Rizqi Mulyantara Hidayat Syah menekankan bahwa di era digital seperti saat ini, para pelaku UMKM harus bisa memanfaatkan social commerce yang merupakan gabungan dari sosial media dan e-commerce untuk memperluas jangkauan produknya.

Dia juga menekankan bahwa para pelaku UMKM saat ini harus menguasai tiga skill untuk memasuki era digital yakni riset market, segmentasi produk serta branding produk.

Rizqi Mulyantara mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Bank BTN dalam merangkul para pelaku UMKM di daerah-daerah untuk meningkatkan kemampuan sekaligus beradaptasi di era digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×