kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.029.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Bank KB Bukopin Akan Luncurkan SuperApps Tahun Depan


Rabu, 06 Juli 2022 / 16:12 WIB
Bank KB Bukopin Akan Luncurkan SuperApps Tahun Depan
ILUSTRASI. Bank KB Bukopin menargetkan akan meluncurkan layanan digital lewat satu aplikasi super lengkap alias SuperApps tahun 2023.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan tradisional terus melakukan transformasi digital dengan mengembangkan SuperApps. Hal itu tidak hanya dilakukan oleh bank-bank besar saja, tetapi juga oleh bank-bank menengah. Termasuk PT Bank KB Bukopin Tbk.

Bank KB Bukopin menargetkan akan meluncurkan layanan digital lewat satu aplikasi super lengkap alias SuperApps tahun 2023.

"Jumlah channel akan kita minimimalisasi menjadi hanya satu yakni layanan SuperApps sejalan dengan roadmap transformasi digital kita," kata Executive Vice President Digital Division Head Bank KB Bukopin Charles Budiman saat ditemui Kontan.co.id, Rabu (6/7).

Charles mengatakan, tahun ini KB Bukopin sudah benar-benar masif melakukan digitalisasi. Oleh karena itu, transaksi digital ditargetkan bisa meningkat dua kali lipat dari tahun 2021 lalu.

Eksekusi tranformasi digital sudah bisa digencarkan, setelah tahun lalu KB Bukopin menetapkan peta jalan transformasi digitalnya. Dalam mengeksekusi rencana digital yang sudah disusun itu, ada tiga hal penting yang dipersiapkan KB Bukopin.

Baca Juga: Perkuat Modal, Bank KB Bukopin Dapat Pinjaman Rp 3 Triliun dari Kookmin Bank

Pertama, menetapkan segmen pasar yang dibidik sehingga bisa mempersiapkan langkah marketing. Kedua, kesiapan teknologi. Ketiga, kesiapan sumber daya manusia atau talenta digital.

Charles mengatakan, talenta digitalĀ  merupakan salah satu tantangan digitalisasi di Indonesia karena permintaan lebih tinggi daripada supplai. Sehingga terjadi persaingan akuisisi talenta digital antara satu perusahaan dan perusahaan. Menurutnya, jika hal itu terus berlanjut maka tidak akan membantu Indonesia untuk tumbuh semakin digital.

Itu sebabnya, Bank KB Bukopin telah mendatangkan ahli-ahli digital yang dimiliki induknya, Kookmin Bank, dari Korea Selatan untuk membantu pengembangan talenta digital secara organik di Indonesia.

"Kami akan mengutilisasi ekspertis yang sudah didatangkan dari Korea dan melatih orang-rang disini untuk bisa mencapai level yang diharapkan," jelas Charles.

Sebelum SuperApps itu diluncurkan, Bank KB Bukopin akan terus melakukan pengembangan pada aplikasi digital Wokee. Versi baru dari aplikasi itu akan diluncurkan tahun ini dengan penambahan fitur-fitur baru.

Charles bilang, fitur unggulan yang dimiliki Wokee saat iniĀ  yang membedakanya dengan layanan digital bank lain diantaranya adalah Sub Account. Itu merupakan layanan yang menghadirkan simpanan dengan bunga seperti deposito tetapi bisa ditarik kapan saja.

"Bunga yang kita tawarkan saat ini 3,5% dan bisa ditarik kapan saja tanpa pinalti," tambahnya.

Fitur unggulan lainnya adalah split bill dan tranfer ke rekening bank lain hanya dengan menggunakan nomor telepon yang terdaftar pada rekening bank tersebut.

Adapun pengguna aplikasi Wokee saat ini baru mencapai 56.000 dan nasabah yang aktif bertransaksi masih lebih kecil lagi. Angka itu masih relatif kecil dibandingkan dnegan jumlah nasabah ritel Bank KB Bukopin yang sudah mencapai 1,6 juta saat ini.

"Kami akan terus mendorong percepatan nasabah menggunakan layanan digital ini," imbuh Charles.

Baca Juga: Artajasa Luncurkan Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu Antar Bank

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×