kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Mandiri Berdayakan Pekerja Migran Lewat Program Mandiri Sahabatku


Senin, 24 Januari 2022 / 19:50 WIB
Bank Mandiri Berdayakan Pekerja Migran Lewat Program Mandiri Sahabatku
ILUSTRASI. Nasabah memamfaatkan perangkat digital untuk pelayanan perbankan di kantor cabang Bank Mandiri Jakarta./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) terus berkomitmen ikut melakukan pemberdayaan terhadap para Pekerja Migran Indonesia (PMI). Bank pelat merah ini telah memiliki program khusus untuk pemberdayaan dan pengembangan kewirausahaan PMI sejak tahun 2011 yang diberi nama Mandiri Sahabatku. 

Senior Vice President Retail Deposit Product and Solution Group Bank Mandiri, Evi Dempowati mengatakan, Mandiri Sahabatku dilaksanakan setiap tahun pada setiap fase PMI, yakni dari sebelum keberangkatan, masa aktif sebagai PMI, dan setelah kembali ke Indonesia. 

Hingga 2021, Program Mandiri Sahabatku sudah mencatatkan 14.900 alumni. 

"Kegiatan dilakukan dalam rangkaian program berkisar pembekalan kemampuan dasar finansial, pembinaan keuangan pribadi, dan kewirausahaan," kata Evi kepada KONTAN, Senin (24/1).

Baca Juga: Masih Dihadapkan dengan Pandemi, Bisnis Remitansi Perbankan Tetap Tumbuh

Evi mengungkapkan, program tersebut dilakukan khususnya di beberapa negara koridor utama PMI  yakni Hong Kong, Malaysia, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Di negara-negara tersebut, Bank Mandiri juga sudah memiliki kantor perwakilan. 

Sehingga, program itu menjadi nilai tambah untuk mendorong layanan remitansi yang disediakan Bank Mandiri kepada Diaspora Indonesia, khususnya PMI.

Setelah mengikuti rangkaian program dan PMI berkeinginan kembali ke Indonesia, Bank Mandiri menyediakan program Bapak Asuh, yang saat ini bekerjasama dengan  mitra Bapak Asuh untuk menjadi mentor pembimbing bagi alumni PMI dalam memulai dan mengembangkan usaha mereka. 

"Beberapa mitra Bapak Asuh ini antara lain Johny Andrean, Astra Honda Motor, Mandiri Amal Insasi, serta Alumni Wirausaha Mitra Mandiri (WMM). Ribuan alumni telah lulus dan telah sukses menjadi pengusaha di Indonesia, menjadi majikan di negeri sendiri," tambah Evi. 

Baca Juga: Bank Mandiri Tebar Program Diskon dan Cashback Dalam Rangka Memeriahkan Imlek

Saat ini, para PMI dan alumni Mandiri Sahabatku dapat mengakses Website Bank Mandiri untuk mendapatkan informasi seputar pengelolaan keuangan pribadi dan usaha yang disesuaikan dengan minat para PMI, selain tentunya mendapatkan informasi mengenai produk perbankan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

"PMI dan Alumni juga dapat bergabung dalam Facebook community Mandiri Sahabatku tempat para PMI mendapatkan informasi mengenai Mandiri Sahabatku, selain tentunya membangun koneksi dan wadah silahturahmi dengan sesama PMI dan alumni Mandiri Sahabatku," Tutup Evi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×