kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Mandiri Beri KUR Kepada 195.000 Nasabah, Ini Persyaratan KUR Mandiri 2023


Sabtu, 14 Oktober 2023 / 05:40 WIB
Bank Mandiri Beri KUR Kepada 195.000 Nasabah, Ini Persyaratan KUR Mandiri 2023
ILUSTRASI. Bank Mandiri Beri KUR Kepada 195.000 Nasabah, Ini Persyaratan KUR Mandiri 2023. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Adi Wikanto, Vina Destya | Editor: Adi Wikanto

Persyaratan KUR Mandiri 2023 - Jakarta. Bank Mandiri telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) kepada hampir 200.000 nasabah. Bagaimana cara mendapatkan pinjaman KUR di Bank Mandiri Tahun 2023? Apa saja syarat KUR Bank Mandiri 2023?

SVP Micro Development & Agent Banking Bank Mandiri Ashraf Farahnaz menyampaikan sampai dengan akhir Agustus 2023, Bank Mandiri telah berhasil menyalurkan KUR sebesar Rp 20,52 triliun. Penyaluran KUR itu tertuju kepada lebih dari 195.000 debitur di seluruh Indonesia.  

Ashraf berharap dengan adanya KUR, para pelaku UMKM dapat memperluas usahanya serta meningkatkan omzet dan membuka lapangan kerja baru.  "Kami juga terus melakukan pendampingan dan pelatihan kepada para debitur KUR agar mereka dapat mengelola usahanya dengan baik dan profesional," ujar Ashraf dalam Media Gathering di Toba, Kamis (12/10).  

Lebih rincinya, penyaluran KUR Bank Mandiri telah mencapai 42,76% di tahun 2023 dari target KUR yang dialokasikan oleh pemerintah.  

Realisasi KUR Bank Mandiri sebagian masuk ke sektor produksi atau sebesar 62,07% dengan nilai Rp 12,7 triliun meningkat dari periode tahun sebelumnya yang mencatatkan sebesar 59,73%.  

Baca Juga: Bank yang Ikut Borong Unit Karbon di Pembukaan Pasar

Sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang menyumbang 32,59% KUR Bank Mandiri atau sebesar Rp 6,87 triliun.  Kemudian disusul oleh sektor jasa produksi dan industri pengolahan yang masing-masing menyumbang 20,17% dan 7,33% dari total realisasi KUR perseroan.  

Selain penyaluran KUR yang terus ditingkatkan, Ashraf juga mengatakan bahwa Bank Mandiri juga konsisten menjaga posisi rasio non performing loan (NPL) KUR, yang sampai dengan data Agustus 2023, rasio NPL KUR Bank Mandiri terjaga di angka 1,18%.  

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rudi As Atturida menyampaikan bahwa tidak hanya di kota besar, tetapi Bank Mandiri juga menyalurkan KUR di beberapa wilayah salah satunya di Region I atau Sumatera I dengan realisasi KUR sebesar Rp 2,27 triliun kepada lebih dari 20 ribu debitur.  

"Kami berharap penyaluran KUR dapat berjalan maksimal sampai dengan akhir tahun, dan Bank Mandiri dapat menjangkau lebih banyak calon debitur yang membutuhkan KUR untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM yang lebih baik," papar Rudi.              

Persyaratan dan cara ajukan KUR Mandiri Tahun 2023

Lalu bagaimana cara pengajuan KUR tahun 2023 ? Apa saja persyaratan mengajukan KUR tahun 2023 ?

Masyarakat bisa mengajukan KUR melalui sejumlah bank yang telah ditunjuk, salah satunya adalah Bank Mandiri. Berikut sejumlah persyaratan dan cara pengajuan KUR melalui Bank Mandiri tahun 2023.

Dilansir dari Bankmandiri.co.id, ada berbagai jenis KUR yang bisa diajukan oleh masyarakat. Berikut rincian KUR di Bank Mandiri:

1. KUR Super Mikro

Dengan limit kredit maksimal sampai dengan Rp 10 juta per debitur dan jangka waktu untuk :

  •     Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 3 tahun dan
  •     Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun

2. KUR Mikro

Dengan limit kredit di atas Rp 10 Juta dengan maksimal sampai dengan Rp 50 juta per debitur dan jangka waktu :

  •     Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 3 tahun dan
  •     Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun

3. KUR Kecil

Dengan limit kredit di atas Rp 50 juta sampai dengan maksimal Rp 500 juta per debitur, dan jangka waktu :

  •     Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 4 tahun dan
  •     Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun

4. KUR Penempatan TKI

Dengan limit kredit maksimal sampai dengan Rp 25 juta per debitur dengan jangka waktu paling lama sama dengan masa kontrak kerja dan tidak melebihi jangka waktu paling lama 3 (tiga) tahun.
 
5. KUR Khusus

Dengan limit sampai dengan Rp 500 juta Diberikan kepada kelompok yang dikelola secara bersama dalam bentuk klaster dengan menggunakan mitra usaha untuk komoditas perkebunan rakyat dan peternakan rakyat serta perikanan rakyat, industri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, atau komoditas sektor produktif lain yang bisa dikembangkan menjadi KUR Khusus.

Jangka Waktu KUR Khusus :

  •     Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 4 tahun dan
  •     Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun

Persyaratan KUR Mandiri 2023

1. Persyaratan KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, KUR Khusus di Bank Mandiri

  • Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha Mikro dan Kecil yang diterbitkan oleh RT/RW, kelurahan/desa, atau pejabat yang berwenang dan/atau surat keterangan yang dipersamakan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dibuktikan dengan kartu identitas berupa eKTP atau Surat Keterangan Pembuatan e-KTP.
  • NPWP untuk limit diatas Rp.50 Juta.

2. Persyaratan KUR Penempatan Tenaga Kerja Indonesia di Bank Mandiri

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dibuktikan dengan kartu identitas berupa eKTP atau Surat Keterangan Pembuatan e-KTP.
  • Perjanjian penempatan Pekerja Migran Indonesia yang ditempatkan oleh pelaksana penempatan tenaga kerja dan/atau tenaga magang Indonesia.
  • Perjanjian Kerja dengan pengguna bagi Pekerja Migran Indonesia baik yang ditempatkan oleh pelaksana penempatan tenaga kerja dan/atau tenaga magang Indonesia, Pemerintah atau Pekerja Migran Indonesia yang bekerja secara perseorangan.

Itulah perkembangan realisasi penyaluran KUR serta syarat dan cara mengajukan KUR melalui Bank Mandiri. Segera ajukan KUR ke Bank Mandiri untuk menambah modal usaha Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×