Reporter: Nina Dwiantika | Editor: Nina Dwiantika
KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kinerja bisnis cash management masih potensial, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk misalnya mencatat pertumbuhan positif pada layanan Cash Management System (CMS) sepanjang 2024. Layanan CMS Bank Muamalat yang bernama Muamalat Digital Integrated Access (MADINA) mengalami kenaikan dua digit dari sisi volume, pengguna, maupun jumlah transaksi.
Direktur Bank Muamalat, Karno mengatakan, volume transaksi MADINA menembus lebih dari Rp 55 triliun pada akhir 2024, perolehan tersebut naik sekitar 13% dibandingkan posisi akhir 2023. Nah, peningkatan tersebut didorong oleh jumlah pengguna MADINA yang meningkat menjadi lebih dari 12.200 pengguna pada akhir 2024 atau tumbuh 24% secara year on year (yoy), dan frekuensi transaksi MADINA pada periode yang sama juga mengalami lonjakan hingga 34% menjadi 1,8 juta transaksi.
“Kami mencatat rata-rata pertumbuhan kinerja MADINA pada tahun lalu berhasil mencapai dua digit. Hasil positif ini menjadi bukti suksesnya strategi yang kami implementasikan, antara lain menjalin lebih dari 2.200 kesepakatan dengan berbagai institusi serta beragam program reward dan aktivasi lainnya,” kata Karno dari rilis yang diterima KONTAN, Kamis (23/1).
Baca Juga: Lender P2P Lending Gugat OJK ke PTUN, Begini Tanggapan AFPI
Karno menambahkan, berkat kesepakatan baru yang terjalin, layanan MADINA berhasil memberikan kontribusi terhadap Current Account Saving Account (CASA) Bank Muamalat hingga lebih dari Rp 1,3 triliun. Dan kinerja positif juga terlihat pada layanan Virtual Account (VA) yang terintegrasi dengan MADINA. Tercatat, frekuensi transaksi VA pada akhir 2024 menembus 4,2 juta transaksi atau naik 17% secara tahunan. Dengan meningkatnya frekuensi transaksi, volume transaksi VA di pionir bank syariah di Tanah Air ini pun ikut terangkat 21% secara yoy menjadi Rp 6,8 triliun.
Bagi Bank Muamalat, kemitraan yang baik dengan institusi lain menjadi kunci utama di balik moncernya performa MADINA. Oleh sebab itu, Bank Muamalat akan terus menjajaki penetrasi pada sektor pendidikan, lembaga pemerintah, rumah sakit, komunitas dan ekosistem muslim, serta lembaga keuangan syariah seperti Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.
Sebagai informasi, MADINA adalah layanan internet banking bagi nasabah korporasi untuk memonitor dan melakukan transaksi perbankan non tunai atas seluruh rekening yang berada di Bank Muamalat secara real time. Nasabah dapat memilih opsi layanan MADINA Advanced dan MADINA Basic di mana fiturnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan administrasi dan transaksi nasabah.
Baca Juga: Memetik Berkah Cuan Dolar AS dari Tabungan dan Deposito Valas Bunga Kompetitif
Selanjutnya: EXCL dan ISAT Masuk, Ini Daftar Lengkap Saham Indeks IDX30 Mulai 3 Februari 2025
Menarik Dibaca: Promo Guardian Terbaru 23 Januari-5 Februari 2025, Tambah Rp 1.000 Dapat 2 Maskara
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News