Reporter: Nina Dwiantika | Editor: Nina Dwiantika
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk memastikan ketersediaan uang tunai layak edar selama Ramadan dan Idul Fitri 1446 Hijriah.
Direktur Bank Muamalat, Karno mengatakan, kesiapan tersebut guna mengantisipasi tingginya kebutuhan uang tunai di masyarakat sepanjang Ramadan dan libur Idulfitri. Hal ini sekaligus dukungan Bank Muamalat dalam kegiatan Semarak Rupiah dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2025 yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI).
"Untuk kebutuhan uang tunai tahun ini, kami menyiapkan sekitar Rp 624 miliar,” kata Karno, dari rilis yang diterima KONTAN, Senin (24/3). Jumlah tersebut meningkat dibandingkan realisasi pada Ramadan dan Idul Fitri tahun 2024 yang mencapai Rp 515,3 miliar.
Adapun untuk penukaran uang layak edar di Bank Muamalat, masyarakat bisa menukarkan uang mulai dari pecahan Rp 1.000 kertas hingga Rp 50.000.
Karno menambahkan, bersama BI, Bank Muamalat mengoperasikan kas keliling di Basket Hall Senayan, Jakarta pada 21 Maret 2025 pukul 08.00 WIB hingga selesai, kemudian pada 22 dan 23 Maret 2025 pukul 08.30 WIB hingga selesai. Tak hanya itu, terdapat 15 titik lokasi penukaran di area Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi yang akan berlangsung pada 24-27 Maret 2025. Layanan penukaran uang layak edar ini mengoptimalkan penggunaan aplikasi penukaran uang rupiah BI Pintar.
Karno mengingatkan nasabah dan masyarakat untuk membawa 'Bukti Pemesanan' dari aplikasi BI Pintar dan KTP saat hendak melakukan penukaran uang di kas keliling.
Selain itu, bank pertama murni syariah di Indonesia ini tetap mengoptimalkan layanan digital melalui aplikasi mobile banking Muamalat DIN, internet banking Madina, serta jaringan ATM guna melayani kebutuhan transaksi perbankan. Nasabah dapat pula melakukan tarik tunai tanpa kartu di Indomaret dan Kantor Pos menggunakan aplikasi Muamalat DIN. Penarikan tunai di ATM juga bisa dilakukan di ATM Bank Muamalat serta ATM bank-bank lainnya dengan menggunakan kartu ATM seperti biasa.
Selama Ramadan, jam operasional layanan kantor cabang Bank Muamalat dimulai dari pukul 08.00-15.00 waktu setempat untuk seluruh kantor cabang. Adapun layanan contact center Salamuamalat tetap dapat diakses selama 24 jam setiap hari melalui nomor 1500016 atau untuk nasabah luar negeri melalui nomor +6221 8066 8000.
Nasabah juga bisa mengakses fitur Digital Customer Care yang merupakan layanan untuk melakukan pengaduan langsung melalui Muamalat DIN apabila terdapat kendala yang bersifat transaksional maupun non-transaksional. Dalam proses pengaduan ini, nasabah akan mendapatkan informasi penanganan secara langsung. Nasabah cukup mengakses button "Pengaduan Transaksi" di Mualamat DIN untuk menyampaikan pengaduan.
Selanjutnya: Operasional BCA pada Libur dan Cuti Bersama Nyepi hingga Idul Fitri 2025
Menarik Dibaca: Operasional BCA pada Libur dan Cuti Bersama Nyepi hingga Idul Fitri 2025
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News