kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45793,95   -1,37   -0.17%
  • EMAS942.000 0,43%
  • RD.SAHAM 0.14%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.04%

Bank Muamalat yakin kerja sama H2H dengan BPR dapat meningkatkan pendapatan komisi


Kamis, 19 Desember 2019 / 22:26 WIB
Bank Muamalat yakin kerja sama H2H dengan BPR dapat meningkatkan pendapatan komisi
ILUSTRASI. Costumer Service melayani nasabah Bank Muamalat Jakarta, Senin (6/5). Bank Muamalat yakin kerja sama H2H dengan BPR dapat meningkatkan pendapatan komisi./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/06/05/2019.

Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. menjalin kerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) dalam penyelenggaraan layanan transfer dana melalui skema Host to Host. Untuk tahap awal Bank Muamalat menggandeng PT BPRS Bhakti Sumekar dan PT BPR Bank Jombang Perseroda.

Host to Host atau H2H sendiri adalah sistem antar server yang terhubung satu sama lain secara langsung. Selain dapat digunakan oleh BPR dan BPRS secara institusi, layanan ini juga dapat dimanfaatkan oleh nasabah BPR-BPRS untuk bertransaksi keuangan. Per November 2019 jumlah BPR dan BPRS yang menjadi nasabah Bank Muamalat adalah sebanyak 478 bank.

Baca Juga: Kredit sindikasi masih ramai menjelang tutup tahun ini

Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat Purnomo B. Soetadi mengatakan, kerjasama ini sebagai upaya perseroan untuk dapat memberikan layanan perbankan secara optimal bagi semua individu di pelosok tanah air melalui jaringan BPR dan BPRS.

"Karena mereka menguasai area masing-masing sesuai dengan komunitas. Namun kebutuhan dari nasabah BPRS ini berbeda dalam fasilitas perbankan, untuk transfer memerlukan proses yang panjang. Nah dengan kerja sama dengan Bank Muamalat proses transfernya secara host to host seperti memudahkan nasabah BPR dan BPRS untuk melakukan transaksi transfer," kata Purnomo kepada Kontan.co.id, Kamis (19/12).

"Jadi nasabah BPR dan BPRS ketika melakukan transaksi transfer itu bisa seperti ketika menjadi nasabah bank,"tambahnya.

Purnomo bilang, sudah saatnya memasuki era digital yang erat kaitannya dengan branchless banking. Sehingga perusahaan dapat memberikan layanan perbankan berbasis digital yang optimal bagi semua individu terutama di pelosok.

Baca Juga: Dirut: Muamalat bakal eksekusi rights issue dan sukuk di tahun depan

Purnomo mengaku, dengan adanya kerja sama ini nantinya akan meningkatnya pendapatan fee based income perseroan dari terjalinnya kerjasama H2H dengan BPR dan BPRS.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×