kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,95   2,20   0.24%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank OCBC NISP Salurkan Pembiayaan Berkelanjutan Rp 33,8 Triliun pada 2022


Jumat, 14 April 2023 / 16:04 WIB
Bank OCBC NISP Salurkan Pembiayaan Berkelanjutan Rp 33,8 Triliun pada 2022
Pejalan kaki melintas di depan gedung OCBC NISP Tower, Jakarta, Rabu (22/4). Bank OCBC NISP Salurkan Pembiayaan Berkelanjutan Rp 33,8 Triliun pada 2022.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Per Desember 2022, Bank OCBC NISP telah menyalurkan pembiayaan berkelanjutan sebesar Rp 33,8 triliun di mana di antaranya disalurkan kepada program #TAYTB Women Warriors, sebesar Rp 3,0 triliun atau meningkat 26% YoY.

Sementara jumlah wirausaha perempuan sebanyak 1.254 pengusaha, dengan kata lain meningkat sebesar 17% YoY. Lebih lanjut, total pembiayaan berwawasan lingkungan di tahun 2022 sebesar Rp 13,83 triliun meningkat 12% dari tahun sebelumnya.

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP menyatakan, sebagai Bank pertama di Indonesia yang menyalurkan pembiayaan berwawasan lingkungan yang bekerja sama dengan International Finance Corporation (IFC) dalam bentuk green bond dan gender bond, Bank OCBC NISP percaya bahwa pembiayaan berkelanjutan merupakan bagian penting dari ekonomi cerdas yang harus terus didorong.

Baca Juga: OCBC NISP akan Bagikan Dividen 40% dari Laba 2022

"Untuk itu, Bank secara konsisten meneruskan eksplorasi atas potensi calon Debitur atau Debitur yang memiliki usaha yang bergerak pada sektor yang mendukung pembiayaan hijau," ujar Parwati saat paparan publik beberapa waktu lalu.

Green bond Bank OCBC NISP utamanya disalurkan pada pengembangan proyek-proyek hijau dan pembiayaan properti hijau, termasuk Pollution Prevention, Renewable Energy, Land & Water Biodiversity Conservation, Water & Waste Treatment, Climate Change Adaptation, Eco- Efficient Product, Green Transportation, Green Building dan Waste Management.

Sedangkan Gender Bond dituangkan melalui program #TAYTB Women Warriors, sebuah solusi dan layanan keuangan untuk para pengusaha perempuan dengan menggabungkan kebutuhan individu dan bisnis yang didukung dengan layanan beyond banking.

Pembiayaan berkelanjutan juga diberikan guna mendukung para UMKM naik kelas. Bank OCBC NISP menghadirkan ekosistem #ONPreneurship yang dilengkapi dengan inovasi pemberian modul pengembangan UMKM yang keseluruhan temanya telah disesuaikan dengan kebutuhan UMKM.

#ONPreneurship menjadi wadah bagi setiap pelaku usaha untuk naik kelas lewat edukasi, pelatihan, net working, penghargaan, hingga mendekatkan ke akses pendanaan.

Baca Juga: Sebanyak 4 Bank Swasta Siap Tebar Dividen, Cermati Prospeknya

Tak hanya memberikan pembiayaan berkelanjutan, operasional Bank OCBC NISP juga dijalankan secara berkelanjutan. Pada 25 Juli 2022, Bank memperoleh sertifikasi green building dari IFC EDGE untuk Gedung ONSpace di BSD, Tangerang dengan desain, konstruksi dan operasional yang mendukung sustainability environment untuk mengurangi polusi (net zero carbon) serta dapat meningkatkan kualitas hidup karyawan dan masyarakat.

"Dengan sertifikasi green building ini, Bank telah melakukan 28% penghematan energi, 61% penghematan air, dan 25% penghematan atas konsumsi Embodied Energy Material. Semua itu merupakan bentuk komitmen Bank untuk turut berpartisipasi dalam mengatasi perubahan iklim," tandas Parwati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×