CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.470.000   4.000   0,27%
  • USD/IDR 15.946   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.161   -53,30   -0,74%
  • KOMPAS100 1.094   -8,21   -0,74%
  • LQ45 872   -4,01   -0,46%
  • ISSI 216   -1,82   -0,84%
  • IDX30 446   -1,75   -0,39%
  • IDXHIDIV20 540   0,36   0,07%
  • IDX80 126   -0,84   -0,67%
  • IDXV30 136   0,20   0,15%
  • IDXQ30 149   -0,29   -0,20%

Bank Permata luncurkan pemindai suara biometric voice ID untuk verifikasi nasabah


Kamis, 08 Maret 2018 / 20:39 WIB
Bank Permata luncurkan pemindai suara biometric voice ID untuk verifikasi nasabah
ILUSTRASI. Peluncuran Fitur E-Bond Bank Permata


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Permata Tbk merilis teknologi pemindah suara biometerik Voice ID. Diharapkan teknologi perbankan pertama di Indonesia ini bisa mempersingkat proses verifikasi nasabah.

Abdy Salimin, Direktur Teknologi dan Operasi Bank Permata bilang dengan teknologi ini proses verifikasi nasabah bisa dipersingkat dari 120 detik menjadi hanya 45 detik.

"Karena nasabah tidak perlu menjawab begitu banyak pertanyaan," kata Abdy dalam keterangan tertulis, Kamis (8/3). Voice Biometrics merupakan teknologi yang menggunakan pola suara untuk menghasilkan identifikasi unik bagi setiap individu.

Teknologi ini menggunakan lebih dari 50 faktor suara fisik dan perilaku. Karakteristik perilaku meliputi pengucapan, penekanan, kecepatan bicara dan aksen, sedangkan karakteristik fisik mencakup sifat fisik khas saluran vokal, saluran hidung dan sebagainya.

Layanan Voice ID ini melengkapi rangkaian layanan berbasis teknologi yang dimiliki oleh PermataBank, yaitu Finger ID dan Facial ID. Ketiga layanan ini diharapkan bisa mempermudah nasabah dalam berinteraksi dengan Bank Permata.

Sebagai gambaran saja sepanjang 2017. layanan customer service Permata Bank PermataTel menerima lebih dari 2,3 juta sambungan telepon dari nasabah.

Sekitar 70%-nya dilayani oleh Petugas PermataTel, sedangkan sisanya dilayani oleh mesin swajawab IVR atau Interactive Voice Response.

Budi Rahardjo Praktisi IT, dosen dan ahli keamanan informasi bilang dengan sistem ini keamanan bisa tetap terjamin. "Seiring dengan ini kenyamanan nasabah juga meningkat," kata Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×