kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banyak Kantor Tutup Karena Digitalisasi, Danamon Lakukan Transformasi Kantor Cabang


Jumat, 26 Januari 2024 / 20:56 WIB
Banyak Kantor Tutup Karena Digitalisasi, Danamon Lakukan Transformasi Kantor Cabang
ILUSTRASI. Danamon memperkenalkan program transformasi kantor cabang yang mengusung konsep Next Generation Branch yang didukung dengan fasilitas Coworking Space.


Reporter: Nova Betriani Sinambela | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah maraknya penggunaan teknologi digital dalam industri perbankan, peran kantor cabang mengalami pergeseran. Bahkan data Statistik Perbankan Indonesia (SPI) yang dirilis oleh OJK menjelaskan bahwa jaringan kantor bank konvensional mengalami penurunan menjadi 24.280 kantor pada November 2023, turun dari 25.344 pada November 2022 karena adanya digitalisasi. 

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) merespons perubahan ini dengan melakukan transformasi kantor cabang melalui konsep next generation branch, sebagai bagian dari agenda renovasi mereka.

Branch Network Head Eka Dinata mengatakan bahwa Bank Danamon melakukan transformasi agar tetap dapat mempertahankan customer engagement di era digital melalui pengalaman yang holistik bagi Nasabah. 

Dia menegaskan bahwa Bank Danamon akan terus menjadikan kantor fisik sebagai salah satu garda terdepan dalam mengakuisisi nasabah baru dan menumbuhkan jumlah nasabah. 

Baca Juga: Rencana KPR 35 Tahun, Ini Kata Bank Danamon

"Kami melihat walaupun kita sudah di era digital, manusia tetap membutuhkan human touch. Kemudian, banyak pula kegiatan lain yang dapat dilakukan di next generation branch ini," katanya kepada KONTAN, Kamis (25/1). 

Lebih lanjut katanya kantor cabang dengan konsep next generation branch dibuat pengalaman perbankan holistik bagi nasabah ini, ini merupakan strategi yang dibuat agar nasabah betah di kantor Bank Danamon. Selain itu sebagai bukti dari komitmen Bank Danamon yang selalu mengedepankan dan mendengarkan nasabah. 

Hal itu bisa dilihat dari fasilitas yang ditawarkan seperti ruangan kantor yang berukuran lebih besar dan memiliki community lounge atau area komunitas yang bisa digunakan secara gratis untuk mengadakan berbagai acara seperti kegiatan edukasi financial literacy dari Bank Danamon untuk nasabah. 

Baca Juga: Bank Danamon Targetkan Pertumbuhan Kredit di Kisaran 10%-12% pada Tahun Depan

Selain itu fasilitas yang ditawarkan di setiap kantor cabang pun akan disesuaikan dengan masing-masing profil dan kebutuhan nasabah menggunakan perangkat digital serta penawaran terpadu dari sisi finansial maupun non-finansial yang holistik guna memberikan solusi end-to-end yang efektif dan efisien. Bahkan, nasabah juga dapat dengan mudah mendapatkan fasilitas Kepemilikan Kendaraan Bermotor (KKB) dari Adira Finance sebagai anak perusahaan Danamon.

Pada akhir 2023, Bank Danamon mencatatkan total kantor cabang dengan konsep next generation branch telah mencapai 52 cabang di seluruh Indonesia dan akan terus dilakukan penambahan jumlah kantor. 

"Proses transformasi kantor cabang Danamon ini akan terus dilanjutkan di tahun 2024 ini secara bertahap, sambil mengevaluasi dan mendengarkan kebutuhan nasabah agar kami tetap terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas fasilitas dan layanan Danamon secara keseluruhan," tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×