kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rencana KPR 35 Tahun, Ini Kata Bank Danamon


Jumat, 26 Januari 2024 / 10:52 WIB
Rencana KPR 35 Tahun, Ini Kata Bank Danamon
ILUSTRASI. pemerintah berencana mengeluarkan skema KPR untuk tenor 35 tahun


Reporter: Nova Betriani Sinambela | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDNM) menyambut baik kebijakan Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam merencanakan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan jangka waktu hingga 35 tahun untuk gen Z dan milenial.

Consumer Lending Business Head Bank Danamon Indonesia, Enriko Sutarto mengungkapkan bahwa kebijakan tersebut akan menjadi jawaban bagi generasi Z dan milenial yang ingin memiliki rumah sendiri, namun terkendala oleh harga properti yang tinggi dan pendapatan yang belum stabil. 

"Dengan tenor yang lebih panjang, nilai cicilan bisa ditekan, sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat yang tingkat pendapatannya lebih rendah atau Gen Z dan Milenial yang masih first-jobber, sehingga mereka tidak perlu mengontrak rumah atau menyewa kost," katanya kepada KONTAN, Kamis (25/1). 

Sebagai informasi, saat ini Bank Danamon telah menawarkan KPR dengan tenor 1 hingga 30 tahun. Adapun nasabah yang memilih tenor panjang 25 tahun atau lebih sebanyak 4% dari total nasabah Bank Danamon, dan mayoritas nasabah cenderung memilih tenor sekitar 10 tahun.

Baca Juga: Bank Danamon Targetkan Pertumbuhan Kredit di Kisaran 10%-12% pada Tahun Depan

Enriko menyebut, tingkat cicilan yang rendah bisa menjawab kekhawatiran mengenai ketersediaan lokasi hunian.

Apalagi saat ini rumah KPR banyak yang berlokasi jauh dari pusat kota yang tentunya akan memengaruhi biaya dan waktu tempuh ke tempat kerja, hiburan, dan tempat-tempat untuk beraktivitas lainnya. Maka secara otomatis pendapatan yang keluar akan semakin besar. 

Oleh sebab itu cicilan murah bisa membantu masyarakat untuk mengelola keuangan, sekaligus mampu memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan investasi yang semakin beragam. 

Di samping kelebihan yang telah disebutkan, tenor yang panjang ini juga bisa berdampak pada tingginya bunga sehingga total jumlah yang dibayarkan menjadi lebih besar juga. Maka dari itu Bank Danamon berusaha menjawab tantangan tersebut. 

Diketahui Bank Danamon menawarkan produk KPR Danamon LEBIH yang menggabungkan produk pinjaman dan tabungan. Artinya nasabah dapat merencanakan pembelian rumah sekaligus nasabah bisa menabung untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

"KPR Danamon LEBIH menawarkan pengelolaan keuangan untuk membantu masyarakat mencapai tujuan keuangan dan memenuhi kebutuhan mereka. Nasabah bisa menabung dan mengakses KPR dengan fitur terbaik, seperti bunga KPR yang semakin kompetitif, bahkan mencapai setara Rp 0 dan jangka waktu pelunasan yang bisa lebih cepat," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×