kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berbagai stimulus perbankan bisa angkat kredit konsumsi pada 2021


Rabu, 31 Maret 2021 / 09:00 WIB
Berbagai stimulus perbankan bisa angkat kredit konsumsi pada 2021


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan optimistis bisnis kredit konsumsi bisa meningkat sepanjang 2021. Hal ini seiring dengan berbagai macam berbagai insentif yang dilakukan oleh regulator dan pemerintah.

PT Bank Central Asia Tbk menyatakan mencermati bahwa pandemi Covid-19 berdampak besar pada permintaan kredit salah satunya kredit kendaraan bermotor. Kendati demikian, Direktur BCA Santoso menyebut berbagai kebijakan pemerintah dalam memberikan relaksasi untuk kendaraan bermotor dapat menjadi salah satu pendorong tumbuhnya kredit perbankan di tahun ini.

“Kami berharap bahwa geliat bisnis konsumer akan segera pulih sejalan dengan berbagai kebijakan pemerintah, regulator, dan otoritas perbankan. Sepanjang tahun 2020, pada portofolio kredit konsumer, KKB terkontraksi 22,6% YoY menjadi Rp36,9 triliun,” ujar Santoto kepada Kontan.co.id pada Selasa (30/3).

Guna memacu bisnis konsumsi, BCA telah menggelaran BCA Expoversary Online 2021. Beragam promo dan penawaran menarik untuk Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Sepeda Motor (KSM).

Baca Juga: Tingkatkan Kepercayaan, Bank Banten Rangkul BRI

“Kami mengucapkan terima kasih atas antusiasme masyarakat yang telah ikut berpartisipasi pada gelaran ini. Kami mencatatkan antusiasme pengunjung menembus angka lebih dari 1 juta pengunjung dan kami juga mencatatkan lebih dari 20 ribu jumlah transaksi,” tambah Sansoto.

Optimisme itu juga diungkapkan oleh PT Bank CIMB Niaga Tbk. Hal itu seiring dengan penurunan suku bunga konsumsi yang sudah dilakukan hingga 250 basis poin dalam kurung waktu dua tahun terakhir.

“Target kredit konsumer jauh lebih positif. KPR antara lain diprediksi bisa tumbuh pada kisaran 6% hingga 8% tahun ini. Sementara untuk KKB diproyeksi bisa tumbuh di atas 10%,” tambah Lani.

Guna memacu pertumbuhan kredit perbankan di tengah pandemi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan telah merilis berbagai kegiatan. Harapannya, seiring pertumbuhan kredit maka perekonomian ikut berputar kembali.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×