Reporter: Vina Destya | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform resmi pembayaran digital DANA Indonesia mencatat kinerjanya saat ini masih mengalami kenaikan yang baik dari jumlah pengguna maupun transaksi.
Dengan jumlah pengguna yang saat ini mencapai 150 juta, dan jumlah transaksi yang naik sebanyak 137% dibandingkan tahun lalu, terdapat pula beberapa masalah yang dikeluhkan oleh pengguna DANA di media sosial.
Terdapat beberapa keluhan bahwa pengguna tersebut mendapatkan notifikasi telah melakukan transaksi dengan jumlah yang kecil sampai jutaan rupiah, padahal Ia tidak melakukan transaksi tersebut. Adapun tindakan phising yang mengatasnamakan DANA.
Head of Communications DANA Indonesia Sharon Issabella mengatakan bahwa DANA turut prihatin atas kejadian tersebut dan telah secara terus menerus menyampaikan pesan edukasi kepada masyarakat, dan memberikan himbauan kepada pengguna untuk lebih waspada terhadap berbagai bentuk penipuan yang mengatasnamakan DANA.
Baca Juga: 33 Fintech Belum Penuhi Aturan Modal Minimum, OJK: Sudah Diberi Surat Peringatan
“Kami juga mengharapkan kerja sama pengguna untuk ikut mengamankan akun DANA serta menjaga kerahasiaan PIN maupun OTP akun DANA miliknya. Sebab pihak resmi DANA tidak pernah meminta OTP dan PIN akun pengguna,” Ujar Sharon pada Kontan, Kamis (20/7).
Sharon juga memberikan beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan akun penggunanya. Di antaranya adalah tidak mengetuk tautan yang mencurigakan, membuat kombinasi PIN yang sulit ditebak, mengganti PIN secara berkala, dan tidak memberikan informasi PIN dan OTP kepada siapapun.
DANA melakukan pengamanan melalui standar proteksi, sertifikasi transaksi kartu, kebijakan zero data sharing, serta memiliki program perlindungan yang mengutamakan pengguna DANA. Dari pengamanan ini, DANA memastikan keamanan saldo dan aset pengguna.
Jika DANA yang dimiliki penggunanya mengalami kendala, Sharon mengingatkan kembali untuk hanya menghubungi Customer Care DANA melalui kanal resmi.
“Dapat menghubungi layanan pelanggan live chat (DIANA) di aplikasi DANA atau mengirimkan e-mail ke help@dana.id, juga pengguna hanya mengacu pada informasi melalui website dan media sosial DANA yang sudah terverifikasi secara resmi,” jelas Sharon.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News