Reporter: Christine Novita Nababan | Editor: Test Test
JAKARTA. PT BFI Finance Indonesia Tbk tak mau ketinggalan memanfaatkan peluang adanya peningkatan pembiayaan di bulan-bulan menjelang hari raya Idul Fitri. Perseroan yang bergerak di bidang pembiayaan konsumen dan alat berat ini menargetkan kenaikan booking pembiayaan baru senilai Rp 380 miliar sepanjang Agustus 2010.
“Agustus ini, perseroan akan ngebut. Paling sedikit, perseroan mengincar pertumbuhan pembiayaan 20% dari bulan sebelumnya yang berkisar Rp 325 miliar,” ujar Direktur BFI Finance Indonesia Cornellius Henry Kho kepada KONTAN, Selasa (10/8).
Selain alasan memanfaatkan momen Idul Fitri, Cornellius mengaku, perseroan sengaja menggenjot target pembiayaan di bulan Agustus karena khawatir jika penyaluran kredit di bulan berikutnya bakalan lesu.
Maklum, dia bilang, seperti tahun sebelumnya, tren libur panjang terkadang berimbas pada sepinya permintaan pembiayaan yang akan berpengaruh pada perolehan target di akhir tahun.
Asal tahu saja, sepanjang tahun ini, BFI Finance Indonesia membidik perolehan pembiayaan sebesar Rp 3 triliun, dengan target perolehan laba sekitar Rp 360 miliar.
Hingga semester I-2010 ini, BFI Finance Indonesia berhasil menyalurkan pembiayaan baru senilai Rp 1,79 triliun. Angka ini naik 114% dari periode yang sama di 2009 sebesar Rp 838 miliar.
“Kondisi perekonomian yang relatif stabil dan daya beli masyarakat yang baik menjadi salah satu pendorong meningkatnya bisnis yang dibukukan perseroan. Di samping itu juga strategi dan operasional yang lebih efisien,” kata Cornellius.
Alhasil, laba bersih BFI Finance Indonesia hingga semester pertama 2010 ikutan terdongkrak mencapai Rp 177 miliar atau naik 29% dari periode yang sama tahun sebelumnya.
“Hingga saat ini, pendanaan sudah siap Rp 3 triliun, dan kami tidak akan buru-buru merevisi target. Meskipun ada kemungkinan permintaan pembiayaan akan melampaui target penyaluran kredit perseroan selama 2010 ini,” ujarnya.
Nah, upaya mencapai target di tahun ini, Department Head BFI Finance Angtawan A kepada KONTAN sebelumnya menuturkan, ada beberapa strategi yang mereka terapkan pada tahun ini. Pertama, menambah jumlah jaringan dari 90 menjadi lebih dari 100 cabang di seluruh Indonesia.
Kedua, BFI Finance aktif mengikuti pameran di kota-kota besar maupun di daerah. Ketiga, menggelar program member get member. Selain itu juga menawarkan berbagai strategi pemasaran lain, seperti program hadiah undiah hingga Rp 1 miliar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News