Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Putri Werdiningsih
KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) menargetkan dana pihak ketiga (DPK) tumbuh dua digit pada tahun 2025. Rencananya perseroan akan menyasar dan memperluas portofolio dana murah (Curent Account Saving Account/CASA).
Salah satu strategi OCBC adalah dengan menyasar segmen anak-anak remaja melalui kampanye Young Nyala dengan mengaktifkan dan melengkapi kembali layanan produk Tanda Junior, atau simpanan tabungan sekaligus asuransi untuk anak-anak.
Chinni Yanti Tjhin, Personal Banking Division Head OCBC mengatakan, Tanda Junior merupakan produk eksisting yang sudah ada sejak lama, hanya saja produk ini tidak aktif dipasarkan. Jumlah portofolio nasabahnya pun masih tergolong kecil, yakni hanya sebesar 5% dari total nasabah DPK OCBC.
“Tapi tahun ini kita melengkapi tabungan ini dengan akses OCBC Mobile, kemudian dengan kartu debit desain khusus, dan dengan demikian kita luncurkan jadi satu kampanye baru yang kita sebut dengan Yang Nyala,” ungkap Chinni saat ditemui di Jakarta, Senin (24/2).
Baca Juga: Bank OCBC NISP Akan Buyback Saham Senilai Rp 800 Juta
Chinni menyampaikan, kehadiran OCBC Mobile yang dapat diakses nasabah anak ini merupakan upaya inovasi OCBC untuk fokus pada kebutuhan nasabahnya terutama segmen anak muda. Begitu juga dengan memperhatikan perkembangan teknologi dan kondisi masyarakat yang sudah berubah. Sehingga ini merupakan waktu yang tepat untuk memodifikasi fitur yang sesuai dengan generasi muda yang tidak pernah lepas dari gadget.
"Kalau dari manajemen maunya sebanyak-banyaknya. Karena kalau dari kita, DPK kita kan selalu naik, simpanan tahun kemarin juga naik double digit. Jadi pasti kita menargetkan tidak akan pernah lebih bawah dari pencapaian tahun lalu. Jadi artinya harus di atas double digit," imbuhnya.
Seiring dengan inovasi fitur layanannya, OCBC juga terus mengembangkan kemampuan teknologi termasuk keamanan agar terhindar dari penipuan dan penipuan online.
"Mungkin saya tidak bisa membagikan detailnya begitu ya. Tapi kami baru merilis satu teknologi baru yang diperlengkapi ke OCBC Mobile untuk membantu mencegah apk-apk dan juga scam-scam yang terjadi pada nasabah kami," ungkap Chinni.
Baca Juga: OCBC bersama Inisiatif IKD Dukcapil Kenalkan Inovasi Teknologi untuk Buka Rekening
Sebagai informasi, OCBC kembali menghadirkan Young NYALA, solusi finansial yang dirancang khusus bagi orang tua dengan anak di bawah 17 tahun untuk mengajarkan anak menabung dan mengelola keuangan secara bijak.
“Dengan Young NYALA, OCBC membawa misi besar untuk membantu orang tua mengenalkan konsep menabung dan mengelola keuangan kepada anak-anak mereka dengan cara yang menyenangkan, aman, mudah, dan interaktif menggunakan OCBC Mobile Anak dan kartu debit Young NYALA. Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk menjadikan masyarakat Indonesia lebih #FUNanciallyFit,” tambah Chinni.
Young NYALA hadir dengan berbagai fitur yang dirancang agar anak bisa belajar finansial secara interaktif, sekaligus memberikan kontrol penuh bagi orang tua. Dengan fitur Yang Paham, anak dapat belajar keuangan melalui video dan artikel edukatif yang mudah dipahami.
Melalui fitur Yang Pintar, anak dapat mulai menabung dan melakukan transaksi sehari-hari secara mandiri. Sementara itu, fitur Yang Aman memungkinkan orang tua untuk tetap mengawasi transaksi anak melalui OCBC Mobile, termasuk mengatur batas transaksi harian hingga Rp2 juta dan menerima notifikasi setiap kali anak melakukan transaksi.
Sejak awal tahun 2025, anak usia 10 sampai 17 tahun sudah bisa memiliki OCBC Mobile Anak sendiri, yang memungkinkan mereka untuk menabung, memeriksa saldo, melakukan transfer dana, membayar dengan QRIS, top up e-wallet, serta membeli paket data dan pulsa.
Melalui OCBC Mobile Orang Tua, nasabah juga tetap memiliki kendali penuh atas transaksi anak selama 24 jam, termasuk memeriksa saldo, mengatur batas transaksi, memblokir atau membuka akses OCBC Mobile anak, serta menerima notifikasi setiap kali anak melakukan transaksi.
Orang tua yang ingin membuka akun Young NYALA untuk anak mereka dapat melakukannya dengan mudah melalui dua kanal. Pertama, melalui orangtua OCBC Mobile dan melalui cabang OCBC terdekat dengan membawa dokumen seperti KTP orang tua dan Kartu Keluarga.
Sebagai bagian dari kerja sama berkelanjutan OCBC dengan Disney di Indonesia, Malaysia, dan Singapura, Young Nyala OCBC menawarkan desain kartu debit khusus bagi nasabah di Indonesia. Nasabah Young Nyala dapat memilih desain kartu debit sesuai karakter Disney dan Marvel favorit mereka.
Chinni menambahkan, dengan desain baru bertema Disney dan Marvel, berharap Young Nyala OCBC akan menginspirasi keluarga untuk memulai pengelolaan keuangan bagi generasi mendatang dengan cara yang menyenangkan.
Kartu debit edisi khusus bertema Disney dan Marvel kini tersedia untuk dipesan dengan mekanisme pre-booking. Nasabah dapat memilih desain yang terinspirasi oleh karakter dan cerita kesayangan seperti Lilo & Stitch, Frozen, dan Spider-Man. Nasabah yang membuka akun baru juga berkesempatan untuk mendapatkan Welcome Kit bertema Disney, selama persediaan masih ada
Selanjutnya: Kapan Puasa Dimulai? Pemantauan Hilal Awal Ramadan 1446 H Digelar di 125 Titik
Menarik Dibaca: 10 Camilan Paling Sehat untuk Dikonsumsi saat Diet Menurunkan Berat Badan
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News