kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.692.000   25.000   1,50%
  • USD/IDR 16.404   -24,00   -0,15%
  • IDX 6.532   -116,15   -1,75%
  • KOMPAS100 968   -17,27   -1,75%
  • LQ45 762   -11,18   -1,45%
  • ISSI 199   -3,66   -1,81%
  • IDX30 395   -4,89   -1,23%
  • IDXHIDIV20 474   -4,27   -0,89%
  • IDX80 110   -1,83   -1,63%
  • IDXV30 116   -0,89   -0,76%
  • IDXQ30 131   -1,54   -1,17%

OCBC bersama Inisiatif IKD Dukcapil Kenalkan Inovasi Teknologi untuk Buka Rekening


Selasa, 11 Februari 2025 / 23:07 WIB
OCBC bersama Inisiatif IKD Dukcapil Kenalkan Inovasi Teknologi untuk Buka Rekening
ILUSTRASI. OCBC bersama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri mengumumkan peluncuran penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD) sebagai dokumen identitas resmi untuk proses pembukaan rekening di seluruh cabang Bank OCBC.


Reporter: Sri Sayekti | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - OCBC bersama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri mengumumkan peluncuran penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD) sebagai dokumen identitas resmi untuk proses pembukaan rekening di seluruh cabang Bank OCBC. OCBC sebagai bank swasta pertama yang sudah mengimplmentasikan IKD versi terbaru di 2025. Peluncuran ini sebagai bentuk komitmen Bank dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah dalam mengakses layanan perbankan, serta mendukung upaya pemerintah dalam digitalisasi identitas kependudukan.

Dengan adanya IKD, nasabah kini dapat melakukan proses onboarding yang lebih mudah dan cepat tanpa perlu membawa E-KTP fisik. “Inovasi ini memungkinkan nasabah untuk melakukan pembukaan rekening hanya dengan menggunakan aplikasi IKD di smartphone mereka,” ujar The Ka Jit selaku Direktur OCBC.

Kerjasama strategis  ini sebagai bentuk komitmen OCBC dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah dalam mengakses layanan perbankan, serta mendukung upaya Pemerintah dalam digitalisasi identitas kependudukan.

Mensuseno, SE., M.A., selaku Plh Direktur Integrasi Data Kependudukan Nasional pada Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, mengatakan “Semenjak kami meluncurkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) ini di tahun 2022, kami memiliki tujuan tidak hanya memudahkan akses data, tetapi juga meningkatkan keamanan dan efisiensi dalam berbagai layanan publik. 

Baca Juga: Berbeda Dengan Industri, Likuiditas OCBC Kian Longgar Di 2024

Kami sadar betul bahwa elemen data kependudukan digunakan untuk memudahkan dan menjamin akuntabilitas seluruh aktivitas pelayanan publik serta menjadikannya akurat lantaran bersifat tunggal. Untuk itu, dengan adanya perluasan kerjasama dengan berbagai pihak termasuk swasta perbankan, dapat menjadi langkah strategis dalam dan memastikan setiap warga negara mendapatkan akses yang mudah dan cepat ke semua layanan yang ada, termasuk akses perbankan.”

Pemanfaatan data kependudukan digital ini juga berlaku di seluruh Indonesia sebagai wujud dukungan nyata Dinas Dukcapil demi meningkatkan akurasi, efektivitas, dan akuntabilitas pelayanan publik. Adapun keunggulan dari penggunaan IKD antara lain:

  • Proses Onboarding yang mudah dan cepat: Nasabah tidak perlu lagi membawa E-KTP fisik, cukup menggunakan aplikasi IKD.
  • Integrasi langsung dengan Dukcapil: Memastikan data kependudukan nasabah terisi secara otomatis dan akurat.
  • Keamanan data nasabah terjamin: Proses verifikasi dilakukan dengan metode yang aman dan terpercaya.

Penggunaan IKD pun akan sangat mudah, nasabah hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Install dan lakukan aktivasi pada aplikasi IKD.
  2. Log in pada aplikasi IKD menggunakan PIN atau Face Recognition (FR).
  3. Tunjukkan QR code KTP Digital yang terdapat pada aplikasi IKD kepada petugas Bank.
  4. Petugas Bank akan melakukan scan QR Code pada aplikasi yang tersedia di cabang, dan secara otomatis data kependudukan nasabah terisi pada sistem Bank.
     

Dengan adanya IKD, tidak hanya mempermudah proses administratif, tetapi juga memperkuat keamanan data identitas masyarakat. Serta mempermudah akses masyarakat terhadap layanan publik, tanpa perlu autentikasi ulang saat mengakses layanan yang berbeda.

Baca Juga: Tutup Tahun 2024 dengan Kinerja Solid, OCBC Bukukan Pertumbuhan Laba Double Digit

Di seluruh cabang OCBC, proses verifikasi biometrik juga sudah dilengkapi dengan teknologi Face Recognition (FR) dari Dukcapil, yang memungkinkan aktivasi penuh secara digital. Hal ini memudahkan proses Know Your Customer (KYC) yang berperan penting dalam melancarkan proses layanan keuangan secara online. 

Sebagai informasi tambahan, di tanggal 11 Februari 2025, tim Dukcapil pertama kalinya juga langsung memberikan layanan aktivasi IKD di kantor OCBC Space, dengan terpantau sampai dengan satu hari tersebut sebanyak 835 karyawan OCBC telah memverifikasikan IKD.

Baca Juga: Laba Bersih OCBC (NISP) Naik 18,9% YoY Sepanjang 2024 Jadi Rp 4,87 Triliun

Selanjutnya: Trump Ancam Hamas: Bebaskan Semua Sandera Sabtu Siang atau ‘Biarkan Neraka Pecah’

Menarik Dibaca: Matcha dan 4 Minuman untuk Mencegah Jerawat, Tertarik Coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag

TERBARU
Kontan Academy
Mastering Finance for Non Finance Entering the Realm of Private Equity

[X]
×