kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Bisnis pembiayaan terpapar pasar otomotif


Selasa, 09 Oktober 2018 / 17:33 WIB

Bisnis pembiayaan terpapar pasar otomotif


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis pembiayaan masih cukup tertekan sampai bulan Agustus 2018 kemarin. Sejumlah multifinance pun mesti berjuang keras untuk bisa menggenjot kinerja di sisa tahun ini.

PT BCA Finance menjadi salah satu pemain pembiayaan yang merasakan tantangan cukup berat di tahun ini. Direktur Utama BCA Finance Roni Haslim mengakui laju pertumbuhan kredit perusahaannya cukup tertekan memasuki kuartal ketiga ini.

Menurutnya, kondisi pasar otomotif menjadi salah satu faktor yang memengaruhi nilai booking perseroan. Pada bulan Agustus misalnya, angka penjualan mobil baru mengalami penurunan sekitar 5% dibanding bulan sebelumnya. "Kondisi ini tentu ikut berpengaruh ke pasar pembiayaan," kata dia baru-baru ini.

Alhasil, dia bilang hingga delapan bulan pertama tahun ini pihaknya baru menyalurkan pembiayaan sebanyak Rp 23 triliun. Capaian tersebut hanya lebih tinggi 2,3% dari periode yang sama di tahun 2017.

Meski demikian, ia masih optimis perusahaannya bisa mengajar target pembiayaan di angka Rp 32,5 triliun sampai tutup tahun nanti. Untuk itu pihaknya akan berupaya mengoptimalkan sisa waktu di kuartal keempat.


Reporter: Tendi Mahadi
Video Pilihan


Close [X]
×