kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

BOPO Bahana Artha Ventura menyentuh angka 91,3% di semester I


Senin, 26 Agustus 2019 / 20:12 WIB
BOPO Bahana Artha Ventura menyentuh angka 91,3% di semester I
ILUSTRASI. Modal Ventura

Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bahana Artha Ventura (BAV) catatkan rasio beban operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) di Semester I mengalami kenaikan.

Direktur Utama Bahana Artha Ventura Muhamad Sidik Heruwibowo mengklaim angka BOPO perusahaan naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Pendanaan seret, bisnis pembiayaan properti menciut

"Semester I aktualnya 91,3% dengan angka Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 93,2% atau 102,1% di atas target," kata Sidik Heruwibowo kepada Kontan.co.id, Senin (26/8).

Sedangkan semester I 2018 BOPO perusahaan berada di angka 88,57%. Adanya kenaikan ini menurut Sidik Heruwibowo karena adanya peningkatan beban penyisihan dimana terjadi juga peningkatan pada pembiayaan UMi.

Sidik Heruwibowo menyatakan telah menyalurkan pembiayaan Umi kepada 196.343 anggota koperasi, di mana saat ini perusahaan mempunyai 35 mitra koperasi yang tersebar di 23 daerah di Indonesia. "Sementara untuk plafon pembiayaan semester I 2019 mencapai Rp 915,5 miliar,"ujarnya.

Baca Juga: NPF Ventura Giant Asia turun 0,2% di semester I, begini strateginya

Sidik Heruwibowo telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mencapai penyaluran pembiayaan ultra mikro (Umi) tahun ini sebesar Rp 1 triliun. Sedangkan target BOPO di angka 88% dan RKAP di angka 90%.

BAV akan menyalurkan pembiayaan ke mitra koperasi. Apalagi, koperasi ini selain berperan sebagai lembaga penyaluran pembiayaan tetapi juga sebagai penjamin kredit yang diberikan kepada nasabah.

"Peningkatan atau ekspansi pembiayaan di segmen UMi dan pembiayaan Komersial dan efisiensi biaya. Dan satu lagi adalah peningkatan fee base income,"jelasnya.

Baca Juga: Kenaikan penyertaan sebabkan NPF modal ventura semakin melandai




TERBARU

Close [X]
×