kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,85   7,21   0.78%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI Perkuat Lanskap Digital Banking


Kamis, 13 Januari 2022 / 12:07 WIB
BRI Perkuat Lanskap Digital Banking
ILUSTRASI. Antrean nasabah di kantor cabang Bank BRI, BSD, Tangerang Selatan, ./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) semakin menguatkan posisinya dalam lanskap digital banking di Indonesia. 

Hal ini terlihat dari berbagai pencapaian dari inovasi-inovasi baru maupun penghargaan bergengsi dari berbagai instansi. 

Apresiasi tersebut menegaskan bahwa BRI semakin dekat dengan visinya sebagai The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia & Champion of Financial Inclusion.

Direktur Digital & Teknologi Informasi BRI Indra Utoyo mengatakan perjalanan transformasi digital di BRI sudah dimulai sejak 2017. 

“Strategi dilakukan melalui kombinasi dua pendekatan, yakni bimodal untuk mengembangkan core product banking, dan strategi eksplorasi untuk menjangkau segmen baru,” kata Indra, dalam keterangan resmi, Kamis (13/1). 

Sepanjang 2021, BRI telah mencatatkan berbagai prestasi. Pada Januari 2021, BRI dinobatkan sebagai Model Bank for Financial Inclusion oleh Celent atas berbagai inovasi inklusi keuangan di Indonesia. Celent merupakan lembaga riset dan firma advisory yang fokus pada teknologi pada institusi finansial secara global. 

Baca Juga: PNM Andalkan Pendanaan dari Pasar Modal dan Perbankan di Tahun Ini

Kemudian pada Februari 2021, aplikasi digital banking BRI, yakni BRImo mendapatkan peringkat I dalam event Infobank 4th Satisfaction Loyalty Engangement Awards 2021. BRI pada Maret 2021 juga memenangkan Indonesia Digital Popular Brand Award 2021 untuk produk tabungan hingga BRImo.

Berlanjut pada April 2021, BRI dinobatkan sebagai Best of the Best Innovation Company dari iNews Maker Awards 2021. Selanjutnya, ada dua kategori dimenangkan oleh BRI pada Mei 2021. 

Keduanya adalah Digital CX Award 2021 oleh The Digital Banker yang merupakan media global dan lembaga riset global di sector keuangan, Ceria sebagai Best Fintech CX for Consumer Lender dan BRIBRAIN sebagai Best Use of Data & Analytics for CX.

Selanjutnya, produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) Digital BRI juga memenangkan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021 untuk kategori Produk & Model Bisnis. Adapun inovasi yang berhasil diciptakan oleh BRI, pada September 2021 BRI meluncurkan TebuChain, platform solusi supply chain untuk ekosistem tebu dan gula, melalui piloting kerja sama dengan PTPN XI.

Direktur Digital & Informasi Teknologi BRI Indra Utoyo pada bulan ini juga dinobatkan menjadi CIO of the Year oleh IDC Future Enterprise Awards. Lalu, BRI mendapatkan Special Awards for Digital Resiliency atas strateginya selama pandemi.

Pencapaian-pencapaian tersebut membuat BRI semakin termotivasi untuk mengembangkan produk digital baru. Pada November 2021 BRI meluncurkan BRIBRAIN Webview, sebuah tools berbasis AI/ML yang membantu tenaga pemasar dalam mengakuisisi nasabah melalui recommender system yang terintegrasi dengan tenaga pemasar, seperti BRISPOT.

Terakhir, pada pengujung tahun lalu yakni Desember 2021, BRI menyelenggarakan BRIAPI Awards 2021 untuk apresiasi tenaga pemasar dan mitra BRIAPI. 

Baca Juga: Bank Genjot Transaksi Keuangan Melalui EDC

BRIAPI berhasil mencatatkan sales volume mencapai Rp174,5 triliun, atau bertumbuh 305,8% dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, triple digit growth ini juga dicapai oleh BRIAPI dalam jumlah transaksi dan pendapatan berbasis komisi (fee based income).

Hingga kuartal ke IV-2021, setidaknya terdapat lebih dari 226 juta transaksi melalui BRIAPI, melonjak 156,8% yoy dan menghasilkan pendapatan berbasis komisi Rp 45,6 miliar. 

Selain itu, BRI juga meluncurkan SenyuM Mobile 2.0 yang merupakan aplikasi cross-selling untuk tenaga pemasar holding utramikro yang melibatkan BRI, PNM dan Pegadaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×