kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,92   5,28   0.57%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bukan bayar klaim, pendanaan baru Jiwasraya bakal dipakai untuk restrukturisasi


Senin, 06 Juli 2020 / 17:16 WIB
Bukan bayar klaim, pendanaan baru Jiwasraya bakal dipakai untuk restrukturisasi
ILUSTRASI. Pejalan kaki melintas dekat logo perusahaan PT Asuransi Jiwasraya di Jakarta, Selasa (4/9). Bukan bayar klaim, pendanaan baru Jiwasraya bakal dipakai untuk restrukturisasi. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/04/09/2018


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Jiwasraya (Persero) gencar mencari pendanaan baru mulai dari penjualan Jiwasraya Putra, aset mall Cilandak Town Square (Citos) dan suntikan Penyertaan Modal Negara (PMN) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Namun sumber pendanaan baru itu bukan untuk bayar klaim ke nasabah. Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko mengatakan, seluruh dana akan digunakan untuk restrukturisasi atau penyehatan perusahaan. "Kami melakukan restructuring secara besar-besaran atau rencana penyehatan yang di-endorse ke semua pihak," kata Hexana di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (6/7). 

Baca Juga: Tanggapi soal pengembalian pengawasan bank ke BI, pengusaha kritik keras kinerja OJK

Untuk saat ini, progres restrukturisasi masih tunggu persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Menteri Keuangan (Menkeu) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Menurutnya, proses restrukturisasi dilakukan secara menyeluruh mulai dari sisi bisnis, produk, portofolio hingga tata kelola perusahaan. Setelah perusahaan sehat, Jiwasraya bisa kantongi pemasukan baru untuk bayar klaim.

"Pembayaran menggunakan restructuring itu better of dari pembayaran cicilan kemarin," ungkapnya. 

Namun Hexana belum mau mengungkapkan, nasabah mana yang klaimnya akan dibayar lebih dulu. Yang jelas, fokus Jiwasraya adalah menyelamatkan polis nasabah lebih dulu. "Kami restrukturisasi untuk memberikan solusi penyelamatan polis. Karena produk asuransi berbeda deposito dari bank," tambahnya. 

Baca Juga: Taspen Life rogoh Rp 2,6 triliun untuk akuisisi 70% saham Jiwasraya Putra

Sementara itu, untuk proses penjualan mall Citos sudah sampai ke Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB). Sebelumnya, Jiwasraya telah dapat uang muka Rp 1,4 triliun dari penjualan Citos ke BUMN Karya pada 2018. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

[X]
×